Tim Pengabdian Masyarakat (pengmas) Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sidoarjo meningkatkan kualitas produk olahan rumput laut masyarakat setempat.

Ketua Tim Pengmas Vokasi UI Vindaniar Yuristamanda Putri dalam keterangannya, Kamis, mengatakan kegiatan edukasi ini bertujuan agar pembudidaya dapat memahami materi kewirausahaan sehingga dapat meningkatkan taraf hidup mereka.

Baca juga: Vokasi UI bina koperasi di Depok agar bertahan saat pandemi COVID-19
Baca juga: Vokasi UI beri pendampingan masalah pajak UMKM gratis

Tim Pengmas Vokasi UI melaksanakan kegiatan edukasi “Peningkatan Kualitas Produk Olahan Rumput Laut menuju Masyarakat Pesisir yang Mandiri”.

"Kami juga mengundang Dr Ida Nurhayati yang merupakan pemenang hibah Program Penerapan Teknologi Tepat Guna (PPTTG) Kemenristek ke masyarakat sebagai narasumber pelatihan ini," ujar Vindaniar.

Kegiatan edukasi daring ini diikuti oleh 25 pembudidaya di Desa Kupang, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Para pembudidaya diberikan materi kewirausahaan sekaligus hibah 600 meter waring (alat untuk menjemur rumput laut).

Baca juga: Vokasi UI luncurkan "E-Taxaction NG" aplikasi konsultasi pajak gratis

Kepala Bagian Pemberdayaan Pembudidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sidoarjo, Dika Gunawan Siswantoro, mengungkapkan pihaknya menyambut baik program ini, karena dampak negatif pandemi terhadap ekonomi sudah mulai dirasakan oleh para pembudidaya di wilayah pesisir.

"Kami mengharapkan kegiatan ini dapat menjembatani program ketahanan pangan dari pemerintah dengan program pengembangan ekonomi maritim di Kabupaten Sidoarjo," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020