Bandarlampung (Antara Megapolitan) - Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Lampung menggelar seminar teknologi nuklir dengan tema "Aplikasi Teknologi Nuklir pada PLTN sebagai Sumber Energi Listrik Ramah Lingkungan bagi Industri untuk Memajukan Kesejahteraan Rakyat Indonesia" di Gedung A Fakultas Teknik Unila, Bandarlampung, Kamis.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi pada acara itu mengatakan bahwa teknologi merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut dia, dari tahun ke tahun teknologi semakin berkembang menjadi lebih baik yang dibuktikan dengan munculnya berbagai macam teknologi baru yang fleksibel dan multifungsi.  

Perkembangan teknologi tersebut, lanjutnya, tidak jauh dari hasil buah kreativitas dan inovasi para pelajar dan ilmuwan di berbagai penjuru dunia.

"Perkembangan teknologi yang tidak mengenal waktu ini, menuntut manusia untuk mengetahui tentang perkembangan teknologi paling mutahir, situasi ini juga tentu membuat mahasiswa terutama yang berkecimpung di bidang teknologi untuk dapat mengembangkan diri dan menciptakan inovasi dan kreativitas terbaru untuk menyongsong perkembangan teknologi mendatang," katanya.

Sekdaprov Lampung itu mengajak mahasiswa untuk senantiasa mendukung pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung sesuai dengan bidang yang dimiliki.

Adapun prioritas pembangunan yang telah ditetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yakni memantapkan kualitas infrastruktur untuk mendukung pengembangan wilayah; akselerasi pembangunan pertanian dan kelautan untuk mendukung ketahanan pangan daerah dan nasional.

Selanjutnya, meningkatkan keberdayaan masyarakat untuk memperluas kesempatan kerja dan mengurangi kemiskinan; meningkatkan kualitas dan akses bilitas pelayanan pendidikan dan kesehatan; memantapkan reformasi birokrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan aparatur.

Kemudian, mendukung stabilitas kamtibmas dan meningkatkan kualitas pelayanan perizinan untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif.

"Mengembangkan industri, pariwisata, dan ekonomi kreatif serta meningkatkan daya saing koperasi dan UMKM, dan memantapkan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan meningkatkan kesiagaan penanggulangan bencana," katanya pula.

Ia meminta Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Lampung untuk terus melakukan terobosan dan inovasi yang kreatif dalam rangka menciptakan berbagai inovasi baru yang tepat-guna sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Pewarta: Agus Wira Sukarta

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015