Jakarta (Antaranews-Bogor) - Taiwan mendatangkan kelompok penari tradisional "Electric-Techno Neon Gods" ke Indonesia untuk mempererat kerja sama budaya.  
"Kami ingin bekerja sama di bidang apapun dengan Indonesia, termasuk kebudayaan, yang memang sedang berkembang pesat di Taiwan," kata Kepala Kantor Perdagangan dan Ekonomi Taipei (TETO) Indonesia Liang-Jen Chang di Jakarta, Selasa.

Dia berharap penampilan tarian tradisional ini menjadi sarana untuk menjalin pertukaran kebudayaan dan menjalin hubungan baik dengan kelompok-kelompok seni yang ada di Indonesia.

Menurut Chang, Taiwan memandang Indonesia sebagai negara yang spesial karena walaupun tidak memiliki hubungan diplomatik, kedua pihak telah menjalin kerja sama di berbagai bidang.

"Selain bidang kebudayaan, Indonesia dan Taiwan juga menjalin kerja sama di bidang pendidikan, perdagangan, ekonomi dan lain-lain," kata dia.

"Electric-Techno Neon Gods" merupakan kelompok penari tradisional Taiwan yang memiliki kostum seperti ondel-ondel di Jakarta, dan telah sering tampil di acara perayaan kuil, festival rakyat dan acara kebudayaan lokal di negaranya.

Penari tradisional ini khusus didatangkan langsung dari Taiwan untuk memeriahkan perayaan Cap Go Meh di Indonesia.

Dalam kunjungannya, kelompok ini membawa 24 orang anggotanya, yang masih berusia belasan tahun, beserta lima kostum "ondel-ondel".

Pada Selasa (3/3), kelompok penari ini mempertunjukkan penampilan perdana di Indonesia. Selanjutnya mereka akan tampil di Kuil Fu Te Miau di Bogor pada Jumat (5/3) dan di Cianjur pada Senin (8/3).

Pewarta: Michael Teguh Adiputra Siahaan

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015