Bogor, (Antaranews Bogor) - Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, menjadi pelopor pertama menyediakan layanan masyarakat berbasis teknologi informasi (IT) berupa Jalur Komunikasi Layanan Masyarakat.

"Jalur Komunikasi Layanan Masyarakat atau JKLM ini adalah layanan telepon bebas pulsa yang bisa diakses masyarakat di Kelurahan Menteng," kata Lurah Menteng, Heru Sudewo, saat ditemui di Kelurahan Menteng, Selasa.

Heru mengatakan, layanan JKLM berbasis telekomunikasi ini resmi dioperasikan sejak 9 Desember 2014 lalu. Layanan tersebut bekerja sama dengan PT Telkom yang memfasilitasi agar masyarakat Kelurahan Menteng dapat mengakses telepon bebas pulsa tersebut.

Layanan JKLM ini melayani masyarakat yang membutuhkan informasi tentang pelayanan yang ada di Kelurahan Menteng. Seperti menanyakan persyaratan untuk mengurus surat-surat, maupun pengaduan sosial masyarakat.

"Jadi masyarakat yang bingung untuk mengurus surat-surat misalnya surat permohonan belum memiliki rumah, bisa menelpon ke nomor JKLM ini tanpa harus datang ke kantor kelurahan," katanya.

Ia menjelaskan, masyarakat kelurahan menteng dapat mengakses JKLM dengan menelpon kontak 0800-1401-556. Layanan telepon tersebut beroperasi 24 jam.

Pihak kelurahan menyiagakan satu petugas khusus untuk melayani masyarakat yang mengakses layanan JKLM, untuk malam hari ada petugas piket yang siap menjalankan tugas.

"Selain untuk pelayanan masyarakat, juga untuk akses informasi kebencanaan. Seperti kebakaran dan longsor," kata Heru.

Untuk akses kebencanaan, ia menjelaskan, apabila terjadi bencana, masyarakat dapat menelpon JKLM. Petugas kelurahan akan menindaklanjutinya dengan menghubungi Pemadam Kebakaran maupun penanggulangan bencana.

Ia mengatakan, Kelurahan Menteng, menjadi salah satu kantor kelurahan yang memiliki akses langsung dengan UPTD Pemadam Kebakaran dan Penanggunagan Bencana lewat Jalur Kebakaran Khusus.

"Begitu laporan masyarakat masuk ada kebakaran, petugas langsung menekan tombol Jalur Kebakaran Khusus yang ada di kantor kelurahan. Tombol ini terakses langsung ke UPTD Pemadam Kebakaran," katanya.

Program layanan JKLM milik Kelurahan Menteng mendapat apresiasi oleh Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman yang menilai layanan tersebut menjadi salah satu pendukung mewujudkan program "Bogor Smart City".

"Sebagai SKPD terbawah, program JKLM Kelurahan Menteng menjadi upaya mendukung pembentukan layanan kepada masyarakat berbasis IT. Ini sangat bagus," kata Usmar.

Menurut dia, layanan JKLM juga bagian dari upaya reformasi birokrasi yang dimulai di lini terbawah Pemerintah Kota Bogor. Dengan memberikan kemudahan masyarakat dalam mengakses layanan pemerintah.

Saat ini Pemerintah Kota Bogor telah memiliki layanan pembayaran PBB P2 dan BPHTB dalam hal ini pajak restoran, hotel, parkir, hiburan, reklame, dan air tanah secara online, yang diresmikan pengoperasiannya September lalu.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014