Bekasi, (Antaranews Bogor) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, akan memfasilitasi 20 unit tempat sampah portabel yang akan beroperasi di sejumlah lokasi program "car free day" (hari bebas kendaraan).

"Kita akan tempatkan 20 unit tempat sampah portabel di lokasi car free day agar masyarakat tetap berperan aktif menjaga kebersihan kotanya," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi di Bekasi, Minggu.

Menurut dia, pengadaan tempat sampah tersebut sekaligus menjawab kebingungan para peserta car free day setiap minggunya atas minimnya sarana tempat sampah di Jalan Ahmad Yani yang menjadi titik penyelenggaraan acara.

"Saya harap ke depannya, masyarakat tidak perlu lagi bingung mau buang sampahnya di mana," katanya.

Rahmat juga mengapresiasi kehadiran komunitas Gerakan Sampah Kawanku yang dimotori kaum pelajar di setiap gelaran car free day.

"Saya apresiasi semangat masyarakat Kota Bekasi yang sudah sadar betul atas perannya menjaga keberlangsungan lingkungan," katanya.

Menurut dia, pengadaan tempat sampah portabel itu juga akan difungsikan di dua lokasi baru penyelenggaraan car free day di Perumahan Harapan Indah Kecamatan Medansatria dan Galaxy Kecamatan Bekasi Selatan.

"Mulai Desember 2014, kita buka dua lokasi car free day lagi agar bisa menjangkau seluruh warga di sekitarnya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Gerakan Sampah Kawanku, Taufik, menyambut positif rencana pengadaan tempat sampah itu.

"Selama ini komunitas peduli lingkungan Gerakan Sampah Kawanku melakukan pembersihan di sekitar area car free day dengan cara memungut sampah dan memasukannya dalam kantong plastik," katanya.

Di setiap momen car free day, kata dia, komunitas berompi kuning itu langsung menyisir area�dengan membawa kantong plastik hitam besar sebagai penampungan sampah sementara.

"Kami ingin mengingatkan warga lainnya, khususnya peserta car free day agar membuang sampah pada tempatnya," ujarnya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014