Video - ANTARA News bogor

Weekend seru di landasan Lanud Atang Sendjaja

Berakhir pekan seru sambil merayakan rangkaian kemeriahan HUT ke-78 Kemerdekaan pada Bulan Agustus ini, di landasan udara, bisa jadi baru pertama kali dilakukan di Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja, Bogor. 

Open base atau landasan pesawat terbuka bagi umum berlangsung pada Sabtu 26 Agustus 2023 di Shelter Skadron Udara 6 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja. Acara itu merupakan kolaboradi antara TNI AU, Pemkot Bogor, dan Panitia Festival Merah Putih 2023. 

Tujuan open base ini untuk memperkenalkan sekaligus menumbuhkembangkan cinta kedirgantaraan kepada masyarakat, sehingga terwujud rasa saling memiliki dan saling bersinergi terhadap aktivitas yang dilaksanakan Lanud Atang Sendjaja dalam rangka pelaksanaan tugas pokok, selain itu juga untuk menarik minat generasi penerus menjadi prajurit TNI AU.

Dalam open base itu berlangsung demo udara oleh Federasi Aero Sport Indonesia Daerah Bogor (Fasida Bogor), berupa terjun payung, atraksi 
9 pesawat trike (PK-S 079, PK-S 080, PK-S 109, PK-S 121, PK-S 265, PK-S 280, PK-S 333, PK-S 500, PK-S 888), sedangkan kegiatan paramotor melibatkan 3 pesawat.

Ada pula Harmony Nusantara, sebuah pertunjukkan tari daerah yang dilaksanakan medley oleh Wanita TNI Angkatan Udara Bogor. 

Selain itu static show, berupa pameran alat utama sistem senjata (alutsista) Helikopter TNI AU, antara lain; Helikopter NAS-332 Super Puma Skadron Udara 6 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja, Helikopter EC-725AP Caracal Skadron Udara 8 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja, Helikopter AS 365 N3+ Daupin dan Helikopter BO-105 Bolkow Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan (Satud PP) Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja, Helikopter EC-120B Colibri Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, Helikopter, di samping itu juga turut dipamerkan kendaraan taktis (rantis) MIT ARES, Assault Vehicle (p6 ATAV), EOD Jihandak Satuan Bravo 90 Pasgat, PJD V8 Batalyon 14 Kopassus, APC Turangga 4x4 Kompi C Batalyon 461 Kopasgat, dan Resimen II Paspelopor Brimob menghadirkan Barracuda, Rantis Patroli Jarak Jauh (PJJ), serta Rantis Wolf. Fasida Bogor juga memamerkan 1 unit Paramotor, 1 unit Paratrike dan 1 unit Trike.

Tak lupa penampilan drum band dari siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Penerbangan “Angkasa” (SMKP Angkasa) Yasarini Lanud Atang Sendjaja, dan juga dari drum band Universitas Pertahanan. 

(Antara TV Megapolitan/Linna Susanti/Mutia Mellani/Budi Setiawanto)