Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil selalu berkoordinasi dengan bupati/wali kota di wilayah Jawa Barat jika akan membuat kebijakan terkait COVID-19 hingga yakin angka penularan virus itu bisa terus berkurang.

"Selama ini pak gubernur selalu komunikasi tentang perkembangan penanganan COVID-19. Jadi pak gubernur selalu mendengar masukan kita dari daerah setiap ada kebijakan. Itulah kenapa kita selalu kompak," katanya, di Karawang, Jumat.

Baca juga: Masih masa PSBB, wisata Pantai Tanjungpakis Karawang dipadati pengunjung

Dengan kekompakan yang terbangun dengan baik antara gubernur dan kepala daerah, Cellica optimis Jawa Barat akan segera pulih dari wabah COVID-19. Apalagi saat ini sudah mulai menunjukkan penurunan di berbagai daerah dari zona merah menjadi zona kuning dan sedang menuju zona biru.

“Masing -masing daerah melaksanakan kebijakan dengan disiplin hingga mulai terlihat keberhasilannya, meski belum maksimal " katanya. 

Ia mengatakan, dalam tiga bulan terakhir ini Gubernur Jawa Barat telah berhasil membangun kebersamaan kepala daerah se-Jawa Barat dalam menghadapi wabah COVID-19.

Baca juga: 66 orang meninggal dunia akibat COVID-19 selama pandemi di Karawang

Menurut Cellica, keberhasilan dalam penanganan COVID-19 di Jawa Barat memang harus dilakukan secara bersama-sama. Tapi karena masing-masing daerah memiliki karakteristik masing-masing, maka ketika Pemprov akan membuat kebijakan harus dibicarakan terlebih dahulu dengan pemerintah di bawahnya.

"Beliau selalu bicara dengan kami dan sama-sama mencari solusi. Makanya setiap ada kebijakan Pemprov kita di daerah bisa melaksanakannya. Jadi tidak ada kebijakan yang tumpang tindih tapi saling menguatkan," katanya.

Baca juga: Karawang menerima bantuan tambahan alat PCR dari Kemenkes

Menurut dia, komunikasi dirinya dengan Gubernur Jabar selalu dilakukan dalam berbagai kesempatan. Terlebih ketika dirinya pernah dinyatakan positif terpapar COVID-19, dia segera melaporkan hasilnya ke Gubernur.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020