Bekasi, 27/9 (ANTARA) - Pelaksana Tugas Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meminta proses seleksi delapan calon sekretaris daerah setempat oleh badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan bisa segera rampung di penghujung September 2011.

"Hal itu agar tiga kandidat terbaik dapat segera diajukan ke provinsi, sebab Plt Sekda, Dudy Setiabudhi, selesai masa tugas pada 1 Oktober 2011.," kata Rahmat di Bekasi, Selasa.

Meski dihadapi keterbatasan waktu, kata dia, namun dirinya mengimbau Baperjakat setempat tetap menempuh prosedur seleksi secara benar.

"Prosedur tetap harus dilewati, tapi jangan sampai terlalu jauh melewati batas waktu yang ada," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bekasi, Kamaludin Djaini, mengatakan, seleksi calon Sekda Kota Bekasi masih berlangsung. Terhadap delapan kandidatnya pun masih dilakukan penilaian.

"Tim assesment masih menilai poin dari masing-masing kandidat. Ada pun poin yang dinilai berupa psikotes, sikap, penguasaan permasalahan Kota Bekasi, dan visi serta misi yang diusungnya jika menduduki jabatan sekda," kata Kamaludin.

Kedelapan nama tersebut ialah Rayendra Sukarmadji (Asisten Daerah I), Syafri (Kepala Dinas Bangunan dan Kebakaran), Momon Sulaeman (Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air), Nandi Surjakandi (Asisten Daerah II).

Lainnya Cucu Much. Syamsudin (Kepala Inspektorat), Dadang Hidayat (Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup), Agus Dharma (Kepala Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat), dan Renny Hendrawati (Kepala Badan Perizinan dan Pelayanan Terpadu).

Kamal mengatakan, semula ada sebelas nama yang dinyatakan sebagai kandidat Sekda. Namun mereka mundur, yakni Zaki Oetomo (Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) yang akan memasuki masa pensiun dalam waktu dekat, Encu Hermana (Kepala Dinas Pendidikan) karena alasan kesehatan, sama seperti dirinya.

Meskipun masih berlangsung, Kamal menargetkan prosesnya bisa rampung sebelum memasuki Oktober. Tiga kandidat dengan nilai kumulatif terbesar dari masing-masing tahapan akan diajukan ke Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. 

Andi Firdaus

 

Pewarta:

Editor : Budisantoso Budiman


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2011