Depok, (Antaranews Bogor) - Direktur Eksekutif Lingkar Studi Efokus, Rizal E Halim menyatakan tokoh muda layak untuk menjadi pemimpin Universitas Indonesia (UI) dalam lima tahun kedepan.

"Dari sekian nama yang terjaring sebagai calon Rektor UI 2014-2019, menurut hemat saya nama Firmanzah merupakan figur yang tepat untuk memimpin UI ke depan," kata Rizal menanggapi proses pemilihan Rektor UI di Depok, Selasa.

Dalam rilis resmi panitia penjaringan calon rektor UI periode 2014-2019, ada 25 calon yang telah terjaring oleh panitia untuk selanjutnya diseleksi dengan beberapa tahapan.

Rizal mengatakan, setidaknya ada sejumlah alasan yang mendasari ini tokoh muda Prof Firmanzah PhD untuk memimpin UI. Pertama, Firmanzah merupakan tokoh muda yang memiliki prestasi yang bersinar sepanjang pendidikan formal yang ditempuh hingga mencapai gelar guru besar di usia muda bahkan tercatat termuda di UI pada saat itu.

Kedua, figur Firmanzah merupakan salah satu "public figure" tidak hanya karena pada saat di amanatkan memimpin FEUI pada usia 32 tahun, atau sebagai staf khusus Presiden RI, tapi juga intensitas dan berbagai sumbangsih yang dipaparkan ke publik dalam bentuk tulisan sebagai bentuk kepeduliannya atas sejumlah persoalan bangsa.

Selanjutnya Ketiga, peluang UI untuk dapat sejajar dengan universitas besar di Asia dapat lebih mudah diwujudkan mengingat jaringan figur Firmanzah sangat terpelihara karena yang bersangkutan pernah mengajar di beberapa perguruan tinggi di luar negeri.

Keempat, daya dorong untuk menumbuhkembangkan hasil-hasil yang inovatif dapat lebih cepat dilakukan mengingat Firmanzah adalah satu dari sedikit orang yang terus menggaungkan perlunya mendorong daya saing nasional melalui inovasi di perguruan tinggi.

Dan terakhir kelima, di usia yang "on the top performance", maka bukanlah hal yang muluk-muluk, jika banyak civitas akademika UI yang menaruh harapan besar bagi sosok Firmanzah.

"Pendidikan Tinggi menjadi tumpuan pengembangan sumber daya manusia, pembangunan manusia, dan pengayaan pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sebagai Universitas terbesar di Indonesia, UI kini sedang menjaring figur-figur yang dipandang layak memimpin UI untuk 5 tahun ke depan," katanya.

Rizal berharap suksesi UI ini bisa menjadi cermin dan lokomotif bagi Perguruan Tinggi Nasional dalam melakukan berbagai terobosan-terobosan yang bermanfaat bagi dunia ilmu pengetahuan dan masyarakat secara lebih luas.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014