Cibinong, 28/9 (ANTARA)-Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Palang Merah Indonesia (PMI) akan dilangsungkan di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Kamis 29 September 2011, kata Ketua PMI Kabupaten Bogor, Nurhayanti, Rabu.

Nurhayanti yang didampingi M Makmur Eozak, sekretaris PMI Kabupaten Bogor pada Rabu menggelar jumpa pers di Raung VIP A Gedung Tegar Beriman, Cibinong, mengenai perhelatan akbar HUT ke-66 PMI itu.

Menurut Nurhayanti, Kabupaten Bogor dipercaya menjadi tuan rumah HUT ke-66 PMI tingkat nasional karena dianggap layak oleh Pengurus PMI pusat.

Nurhayanti mengemukakan, sebagai tuan rumah Kabupaten Bogor telah menyiapkan diri dengan baik, dan siap menyambut seluruh tamu yang akan datang dari berbagai daerah se-Indonesia.

Kabupaten Bogor, terang Nurhayanti, juga telah menyiapkan tarian dan paduan suara dari SMP Negeri 2 Cibinong yang kerap tampil di peringatan hari jadi PMI dan telah mendapat penghargaan dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

"Ketua PMI Bapak Jusuf Kalla akan hadir dan akan melaksanakan Hari Bakti PMI di Kabupaten Bogor," ujarnya.

HUT PMI kali ini mengangkat tema "Satu Negara Satu Lambang Satu Gerakan".

Jusuf Kalla dijadwalkan akan memberikan penghargaan kepada mereka yang selama ini membantu PMI dalam melakukan kegiatan kemanusiaan.

Dalam peringatan tersebut rencananya akan melibatkan 3000 relawan yang berasal dari Korps Sukarelawan (KSR), Palang Merah Remaja (PMR), tenaga sukarelawan (TSR), dan Donor Darah Sukarelawan (DDS) yang akan melakukan sanitasi dan kegiatan kebersihan di Kabupaten Bogor.

Nurhayanti menambahkan,  Jusuf Kalla rencananya akan menyerahkan secara simbolis 3000 cangkul dan skop kepada 3000 relawan. Kemudian adapula bantuan dari PMI berupa pemberian 500 alat dapur dan 500 drum air bersih yang akan dipergunakan di daerah-daerah yang mengalami kekeringan.

"Di lapangan Tegar Beriman juga akan didirikan posko pengobatan gratis dan donor darah. Sebagai tuan rumah kami juga akan menghadirkan wisata kuliner makanan khas Bogor," tambahnya.

A Fahir

Pewarta:

Editor : Budisantoso Budiman


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2011