Satuan Reserse Narkoba Polres Bogor kembali menangkap tersangka penyedia produk farmasi ilegal berinisial RA (20) dan S (20) yang melakukan aksinya di Cibungbulang Kabupaten Bogor Jawa Barat.

"Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat tentang adanya peredaran sediaan farmasi ilegal, kami berhasil mengamankan dua tersangka di wilayah Cibungbulang Bogor," kata Kapolres Bogor, AKBP Roland Ronaldy, Senin.

Baca juga: Peredaran Obat Ilegal Sulit Diungkap, Ini Sebabnya

Menurutnya, dari kedua tersangka polisi mengamankan barang bukti berupa 800 butir obat jenis trihexyphenidyl, 187 butir obat jenis heximer, 70 butir obat jenis tramadol, dan uang tunai senilai Rp435.000 yang diduga hasil penjualan sediaan farmasi ilegal.

"Hal ini tentunya sangat meresahkan apalagi dijumpai di tengah pandemik pada bulan Ramadhan yang penuh keberkahan," ujar mantan penyidik di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Baca juga: Arif, Agung dan Dessy ditangkap karena edarkan ribuan pil tramadol dan hexymer di Bekasi

Roland menyebutkan, kedua tersangka terancam dijerat pasal 197 dan atau pasal 196 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun penjara.

Sebelumnya, pada 4 Mei 2020 Polres Bogor juga menangkap dua tersangka penyedia produk farmasi ilegal berinisial AR (35) dan A (23) yang beraksi di Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor.

Kedua tersangka kedapatan memiliki barang bukti sediaan farmasi ilegal berjenis obat-obatan seperti 316 butir trihexyphenidyl, 245 butir heximer, dan 142 butir tramadol, kemudian juga uang tunai senilai Rp600.000 dan empat unit telepon seluler.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020