Bogor, (Antaranews Bogor) - Pelukis naturalisasi spesialis burung asal Portugal, Paulo Alves, tertarik dengan Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) hingga membawanya datang ke Indonesia sebagai relawan yang ingin mendongeng kepada anak-anak.

Paulo, di Bogor, Sabtu, menceritakan dogeng tentang perjalanannya menjumpai dan mengenal lebih dekat salah satu jenis burung khas Indonesia.

Pelukis muda tersebut mendongeng sambil mengilustrasikan ceritanya dalam sebuah lukisan yang berukuran besar.

Dalam dongeng Elang Jawa yang diceritakan oleh Paulo, selain menarik perhatian anak-anak, ilustrasi juga dimaksudkan agar mereka memiliki gambarannya tentang seluk belk si burung pemangsa.

Di akhir cerita, sang Elang Jawa menyampaikan pesan kepada anak-anak untuk turut melestarikan burung-burung Indonesia.

"Paulo menyatakan ketertarikannya untuk bisa mendongeng dan menyampaikan pesan-pesan lingkungan kepada anak-anak Indonesia melalui lukisanya," kata Kepala Humas Perhimpunan Pelestarian Burung Liar Indonesia Ria Sarianthi dalam acara "Merayakan Keragaman Burung Indonesia" di Kebun Raya Bogor, Sabtu.

Ria mengatakan, ini pertama kalinya Paulo datang ke Indonesia dan langsung mendongeng sambil melukis kepada anak-anak. Sebelumnya, Paulo menjadi relawan Perhimpunan Pelestarian Burung Liar Indonesia untuk melukis dan menggambar burung-burung asli Indonesia sebagai bahan ajar dan sosialisasi.

Menurut Paulo, ketertarikannya kepada Elang Jawa karena merupakan burung endemis Jawa yang saat ini statusnya terancam punah.

Berdasarkan data dari "BirdLife International", populasi burung yang kerap diidentifikasi dengan Garuda itu saat ini diperkirakan hanya tersisa sekitar 300 hingga 500 individu dewasa di alam.

"Elang Jawa diangkat sebagai tokoh dalam dongeng ini untuk mengingatkan kembali kepada para peserta tentang habitatnya yang terancam punah," kata Paulo.

Paulo yang berlatar belakang pendidikan ekowisata, menilai lukisan bisa menjadi sarana penghubung antara manusia dengan alam. Melalui lukisan pesan-pesan ekosistem dapat disampaikan dengan cara lebih menarik.

Merayakan Keragaman Burung Indonesia merupakan agenda tahunan Organisasi Perhimpunan Pelestarian Burung Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, organisasi tersebut mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan habitat burung lokal yang statusnya kian terancam akibat konversi lahan dan perburuan liar hingga perdagangan.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014