Karawang, (Antaranews Bogor) - Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan menertibkan kabel-kabel perusahaan berukuran besar yang berada di bawah jalan raya sekitar Karawang.

"Kabel-kabel yang berada di bawah jalan terkadang mengganggu proyek perbaikan, jadi nanti akan ditertibkan," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan setempat Acep Jamhuri, di Karawang, Rabu.

Dikatakannya, saat ini pihaknya tengah melakukan proyek perbaikan drainase dari wilayah perkotaan hingga perdesaan. Diantara tujuannya ialah mengatasi banjir, sehingga saluran air berjalan normal hingga ke saluran pembuang.

Dengan adanya proyek itu, maka drainase akan dibuat menjadi lebih besar. Sehingga kabel-kabel besar seperti kabel milik perusahaan seluler, PLN, dan lain-lain berada di sepanjang drainase, bukan dibawah jalan raya.

"Jika kabel-kabel itu tertanam di bawah jalan raya, maka kondisi jalan akan rusak jika ada perbaikan kabel-kabel yang telah tertanam," katanya.

Menurut dia, nantinya kabel-kabel ukuran besar milik perusahaan seluler dan milik perusahaan lainnya akan ada di sepanjang drainase.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan drainase akibat perbaikan kabel-kabel itu, drainase yang memanjang di wilayah perkotaan dan perdesaan akan dilengkapi dengan bak kontrol yang bisa buka-tutup.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014