Cibinong, (Antaranews Bogor) - Wakil Bupati Bogor Nurhayanti menyatakan bahwa Tim Penggerak PKK merupakan mitra penting dalam menyukseskan program pembangunan.

"Terutama yang berkaitan dengan pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Pada acara Halalbihalal kader PKK se-Kabupaten Bogor, di Gedung Tegar Beriman, ia juga mengatakan bahwa PKK bisa menjembatani pemerintah daerah dengan masyarakat, terutama di tingkat desa.

Program-program pembangunan, katanya, dapat diimplementasikan melalui 10 Program PKK yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung.

Nurhayanti dalam acara yang dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bogor Elly Halimah Rachmat Yasin itu menyampaikan lima tahun ke belakang jika dilihat dari capaian tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bogor sangat membanggakan.

Nilai IPM tersebut, katanya, dikontribusikan oleh beberapa faktor di antaranya angka harapan hidup (AHH) Kabupaten Bogor yang sudah mencapai 70 tahun.

"Kondisi ini sama dengan AHH pemerintah pusat," katanya.

Kemudian laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bogor yang mencapai 6,03 persen melebihi angka di pusat.

"Beberapa hal tersebut juga mencerminkan bahwa kita sudah memiliki beberapa penciri sebagai kabupaten termaju di Indonesia," katanya.

Kondisi itu, katanya, tidak terlepas dari peran serta kader PKK di Kabupaten Bogor.

"Kagaimana pun hebatnya program pembangunan yang dimiliki pemerintah daerah, mustahil bisa berjalan dengan baik tanpa adanya peranan kader PKK," katanya.

Oleh karena itu, ia mengajak untuk meningkatkan peran serta PKK dalam upaya mewujudkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta mewujudkan Bogor menjadi kabupaten termaju di Indonesia.

"PKK harus terus membuka mata hati kaum perempuan untuk berpartisipasi mengangkat potensi lingkungannya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarganya," katanya.

Sedangkan Ketua TP PKK Kabupaten Bogor Elly Halimah Rachmat Yasin,mengatakan silaturahmi yang dikemas dengan acara Halalbihalal ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi seluruh kader PKK dari tingkat desa, kecamatan hingga ke kabupaten.

"Sekaligus menjadi momentum untuk membersihkan hati setelah kita merayakan Idul Fitri 1435 H," katanya.

Ia berharap melalui silaturahmi bisa terus meningkatkan peranan dalam memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Melalui 10 program pokok PKK kita bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mengimplementasikan program-program pembangunan untuk masyarakat kabupaten Bogor," katanya.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014