Yayasan Pendidikan Telkom meluncurkan Program Merdeka Belajar bagi Telkom Schools, untuk mendukung Program Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Saya harapkan Program Merdeka Belajar Telkom Schools dapat berjalan dengan baik dan menjadi percontohan bagi lembaga pendidikan lain di Indonesia," kata Direktur SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, M. Bakrun dalam Video Conference Kick Off Program Nasional Merdeka Belajar Telkom Schools di SMK Telkom Malang, Jawa Timur, Kamis (2/4).

Selanjutnya program Merdeka Belajar Telkom School tersebut akan diimplementasikan di Lingkungan Pendidikan Dasar dan Menengah Telkom Schools di seluruh Indonesia dan terus dikembangkan agar memberikan hasil yang terbaik.

Program Merdeka Belajar Telkom Schools bertujuan untuk membangun sistem pembelajaran yang mampu membentuk Guru dan Siswa yang memiliki kemampuan Communication, Collaborative, Critical Thinking serta Creative atau 4C yang unggul.

Peluncuran Program Nasional Merdeka Belajar bagi lembaga pendidikan Telkom Schools yang dilakukan melalui video conference, diresmikan oleh Kementrian Pendidikan & Kebudayaan yang diwakili oleh Direktur SMK Kementrian Pendidikan & Kebudayaan, M. Bakrun. 

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Telkom Dwi S. Purnomo mengatakan peluncuran Program Merdeka Belajar sangat penting, sebagai komitmen pihaknya pada peningkatan layanan Pendidikan. 

"Maka kami melaksanakan Kick Off saat ini menggunakan bantuan teknologi melalui video conference, dengan tata cara yang sesuai dengan anjuran pemerintah di tengah pandemic COVID-19 ini. Aturan pemerintah kami laksanakan, pekerjaan juga tetap dapat kami lakukan meski dari rumah," katanya.

Dwi menyebutkan dalam peluncuran tersebut memang tidak ada interaksi atau kontak fisik yang dilakukan dalam acara tersebut, karena semua dilaksanakan secara terpisah baik itu MC, pembaca doa. Semua dilakukan dari tempat masing-masing karena tengah menjalankan Work From Home (WFH).

Lebih lanjut, Dwi menjelaskan bahwa konsep Merdeka Belajar Telkom Schools merefer kepada orientasi utama dari konsep Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Menteri Nadiem Makarim yaitu membangun sistem pembelajaran yang mampu menstimulasi Guru dan Siswa untuk memiliki kebebasan berpikir, kebebasan berinovasi dan kebebasan belajar yang mandiri dan kreatif.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020