Sukabumi,(Antaranews Bogor) - Ratusan penumpang dengan tujuan pemberangkatan Jakarta seperti Kalideres dan Tanjung Priok terlantar di Terminal Bus Sudirman Kota Sukabumi karena bus untuk mengangkut mereka terlambat tiba.

"Iya memang benar ada ratusan penumpang yang terlambat diberangkatkan ke daerah tujuannya, seluruhnya dengan tujuan daerah di Jakarta seperti Kalideres dan Tanjung Priok," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Terminal Bus Sudirman Kota Sukabumi, Imran kepada Antara, Kamis.

Menurut Imran, terlambatnya pemberangkatan ratusan penumpang tersebut disebabkan bus yang seharusnya tiba tepat waktu ke terminal terjebak kemacetan baik di jalur mudik Sukabumi seperti di Kecamatan Cibadak, Parungkuda dan Cicurug maupun terjebak macet di wilayah Ciawi, Bogor sehingga yang seharusnya bus tiba di waktu yang telah ditentukan menjadi "molor".

Namun untuk mengantisipasinya pihak Terminal Bus Sudirman sudah mengeluarkan bus cadangan untuk mengangkut ratusan penumpang yang akan balik ke kampung halamannya tersebut. Bahkan, untuk melayani para penumpang sebanyak empat perusahaan otobus dikerahkan untuk mengangkut para penumpang tujuan Jakarta itu.

"Arus balik lebaran sudah mulai terjadi di Terminal Bus Sudirman Kota Sukabumi namun jumlah penumpang belum bertambah signifikan, mayoritas penumpang yang memilih pulang ke kampung halamannya pada H+3 lebaran ini mereka yang sudah masuk kerja, sehingga mewajibkan untuk pulang kampung," tambahnya.

Imran mengatakan untuk melayani penumpang tujuan Jakarta pihaknya menyiagakan angkutan lebarannya hingga pukul 14.00 WIB khusus untuk tujuan Jakarta, karena bus yang berangkat lebih banyak dibandingkan yang tiba, ini disebabkan karena terjadi kepadatan kendaraann di sepanjang jalur Sukabumi menuju Jakarta sehingga arus lalu lintas menjadi tersendat.

Di sisi lain, untuk arus balik lebaran ini relatif masih tenang, karena saat ini mayoritas bus yang diberangkatkan dengan tujuan objek wisata seperti Palabuhanratu untuk mengantar wisatawan. Diprediksi, puncak arus balik lebaran akan terjadi pada Minggu, (3/8), karena Sukabumi merupakan daerah tujuan mudik dari berbagai daerah sehingga diprediksi pada puncak arus balik ribuan penumpang akan memadati Terminal Bus Sudirman.

"Armada untuk melayani para penumpang yang ingin balik ke kampung halamannya sudah disiapkan bahkan puluhan armada bus cadangan pun disiagakan antisipasi terjadinya lonjakan penumpang yang signifikan," kata Imran.***3*** Feru Lantara

(T.KR-ADR/B/F006/F006) 31-07-2014 12:07:17

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014