Karawang (Antaranews Bogor) - Arus lalu lintas dari gerbang Tol Cikampek Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jabar, menuju jalur pantura di wilayah Kabupaten Karawang, padat dan mulai didominasi kendaraan pribadi, memasuki H-5 Lebaran, Rabu.

Kepadatan arus lalu lintas berlangsung selama beberapa jam, sejak dini hari sampai Rabu pagi. Kondisi itu, terjadi akibat semakin tingginya volume kendaraan yang melintas.

Jenis kendaraan yang melintas dari arah gerbang Tol Cikampek menuju simpang Jomin itu, didominasi kendaraan pribadi dan bus, sedangkan kendaraan truk sudah mulai berkurang.

Banyaknya kendaraan yang melintas, mengakibatkan arus lalu lintas tersendat. Selepas gerbang Tol Cikampek menuju Pertigaan Mutiara hingga simpang Jomin, kondisi arus lalu lintas padat merayap.

Arus lalu lintas kendaraan yang akan masuk ke jalur pantura melewati simpang Jomin tersendat karena di titik itu terjadi pertemuan arus dan penyempitan jalur.

Kepala Gerbang Pintu Tol Cikampek Andri Yusuf memperkirakan puncak arus mudik di sekitar gerbang Tol Cikampek menuju jalur pantura dan sekitarnya akan terjadi pada H-3 Lebaran.

Petugas telah menyiapkan beberapa hal dalam mengatasi kemacetan yang terjadi pada puncak Lebaran, di antaranya dilakukan pengalihan-pengalihan arus, baik pengalihan arus ke jalur tengah atau ke selatan.

"Hal tersebut tergantung dengan situasi di lapangan," katanya.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014