Ratusan warga dari berbagai elemen masyarakat di Kota Sukabumi, Jawa Barat, secara serempak membersihkan lingkungan baik perkantoran, tempat ibadah, rumah sakit dan lainnya guna mencegah berbagai jenis penyakit.

"Kegiatan bersih-bersih lingkungan yang diinisiasi Polres Sukabumi Kota ini dilakukan untuk memelihara lingkungan agar sehat guna mengantisipasi serangan berbagai penyakit yang bisa timbul kapan saja," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo di Sukabumi, Sabtu.

Baca juga: Satu warga Sukabumi dalam pemantauan berstatus negatif corona

Aksi bersih-bersih tersebut dilaksanakan oleh personel dari Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Sukabumi, Dinas Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja dan remaja masjid.

Langkah yang dilakukan ini diharapkan bisa diikuti oleh seluruh masyarakat di berbagai pelosok Kota Sukabumi, apalagi curah hujan yang tinggi banyak genangan air yang bisa menjadi tempat bersarangnya nyamuk Aedes Agypti, sehingga berpotensi penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) ini juga merupakan salah satu antisipasi penyebaran COVID-19 atau lebih dikenal virus corona, namun demikian pihaknya mengimbau warga agar tetap tenang, tapi waspada dan terus melakukan upaya pencegahan virus mematikan ini.

Baca juga: RSUD R Syamsudin SH Sukabumi kembali isolasi seorang warga

Pihaknya juga mengapresiasi seluruh elemen masyarakat dan instansi yang terlibat dan aksi bersih-bersih secara serempak tersebut, sebab kesadaran menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat harus selalu ditingkatkan.

Sementara, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membersihkan lingkungan minimalnya yang ada di sekitar permukiman harus selalu dilakukan, karena virus dan bakteri pembawa penyakit bisa menginfeksi siapa saja tanpa pandang bulu.

"Selain menjaga kebersihan, untuk menjaga kesehatan masyarakat harus selalu mengkonsumsi makanan bergizi dan menyehatkan serta meminum suplemen seperti vitamin untuk menjaga imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit," katanya.

Baca juga: Pemkot Sukabumi lakukan langkah cegah penyebaran virus corona

Orang nomor satu di Kota Sukabumi ini pun mengimbau kepada warga untuk selalu memeriksakan kesehatannya secara rutin ke tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas ataupun rumah sakit.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020