Bogor (Antaranews Bogor) - Sejumlah jamaah mulai mendatangi Mesjid Az-Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat untuk menghadiri zikir akbar Ustad Arifin Ilham, Minggu pagi.

"Saya kira teh acaranya pagi, karena biasanya juga zikir setiap pagi. Tahunya hari ini digelarnya siang," kata slah seorang jemaah Hajah Upik, di Bogor, Minggu.

Hajah Upik (60) datang sendiri menggunakan angkutan umum dari rumahnya di Cariu Kabupaten Bogor.

Namun, karena jarak antara rumah dan mesjid Az-Zikra cukup jauh, Hajah Upik memutuskan untuk menunggu di mesjid sampai acara dimulai, sambil melakukan Itikaf dengan melaksanakan shalat sunat dan membaca Alquran.

Zikir akbar Ustad Arifin Ilham merupakan agenda bulanan yang dilaksanakan di Mesjid Az-Zikra, Sentul Kabupaten Bogor, di minggu pertama setiap bulannya.

Ibadah zikir tersebut dipimpin langsung oleh Ustad Arifin Ilham, dan dihadiri ratusan orang jamaah yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pada bulan Ramadhan kali ini, Zikir Akbar Mesjid Az-Zikra diselenggarakan mulai pukul 12.30 WIB hingga 17.30 WIB. Berbagai kegiatan diselenggarakan diantaranya pengobatan gratis, cek kesehatan jasmini, cek gula darah, pemeriksaan tensi, konsultasi dokter umum dan dokter gigi, serta pemberian santunan untuk 300 kaum dhuafa.

Meski kegiatan zikir dimulai setelah ba`da Dhuzur, sejumlah jamaah telah berdatangan ke mesjid yang dulunya bernama Moamar Qadafi tersebut.

Selain Hajah Upik, tampak juga puluhan jamaah wanita lainya yang sudah berdatangan ke Mesjid yang memiliki gaya Timur Tengah tersebut. Ibu Endah datang dari Bekasi seorang diri hanya untuk mengikuti zikir akbar Ustad Arifin Ilham.

Ibu Endah berangkat dari rumahnya di Bekasi dengan menggunakan sepea motor. Sepeda motornya dititip di wilayah Cileungsi, dan ia melanjutkan perjalanan ke Mesjid Az-Zikra dengan menaikki angkutan umum.

"Saya rutin ikut jamaah zikir Ustad Arifin Ilham setiap bulannya. Cuma minggu kemarin saya tidak hadir karena ada wisudaan anak. Jadi tidak tahu jadwal, makanya saya datang pagi. Taunya acara dimulai siang," kata Endah.

Endah mengaku sudah terbiasa ke Mesjid Az-Zikra untuk ikut zikir. Ia juga melakukan Itikaf di mesjid tersebut bahkan sampai menginap.

"Karena capek kalau pulang pergi kejauhan, saya menginap saja di mesjid. Pagi sebelum sahur, shalat tahajud dulu, witir, baca Alquran, lalu ikut pengajian paginya," ujar Endah.

Majelis zikir Ustad Arifin Ilham selalu dipadati jemaah, selain datang dari Bogor, juga hadir jemaah dari luar Bogor seperti, Jakarta, Depok Bekasi, Tanggerang, Banten, bahkan luar pulau Jawa.

Sementara itu, sejumlah pekerja sedang mempersiapkan perlengkapan untuk kegiatan zikir akbar seperti memasang karpet dan membersihkan mesjid.

Rencananya zikir akbar tersebut akan disiarkan secara langsung oleh salah satu televisi swasta nasional.

Selain berzikir menyambut Ramadhan, juga akan ada tausiah dari ustad Arifin Ilham serta doa bersama untuk menyambut Pemilu Presiden 2014.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014