Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara bersama dengan Kabupaten Ketapang melakukan rapat bersama Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Sarker P2JN Provinsi Kalbar terkait usulan atau pembahasan peningkatan status jalan kabupaten dan provinsi seperti Jalan Siduk - Teluk Batang menjadi jalan nasional.

"Kita telah melakukan rapat bersama dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi dan demi pemerataan pembangunan di antara dua wilayah Kayong Utara dan Ketapang serta daerah lainnya. Percepatan ekonomi yang diharapkan satu di antaranya melalui usulan status jalan," ujar Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat dihubungi di Bengkayang, Senin

Ia menambahkan bahwa adapun jalan-jalan yang diusulkan di Kabupaten Kayong Utara untuk jadi jalan nasional selain Jalan Siduk - Sukadana - Teluk Batang yakni Jalan Teluk Melano - Perawas.

Baca juga: Mahasiswa IPB asal Kayong Utara sambangi 13 SMA

Sementara untuk Kabupaten Ketapang mengusulkan Jalan Perawas - Simpang Dua, Kendawangan, Pelang - Tumbang Titi, Tanjung - Marau, Air Upas - Manis Mata, Manis Mata - Jambi, Sukaramai - Sukamara, Sei Gantang - Teluk Batu - Simpang Jemaya.

"Selain pembahasan dengan Satker Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Sarker P2JN Provinsi Kalbar, tim dari Kayong Utara yang juga bertemu dengan tokoh nasional asal Kayong Utara, Oesman Sapta. Dalam pertemuan tersebut, juga diutarakan keinginan kayong utara untuk menikmati jalan yang bagus untuk membuka akses perekonomian masyarakat," jelas dia.

Baca juga: "Kapal Pemuda Nusantara" Diserukan Jaga Lingkungan Laut

Dengan usulan yang ada Citra Duani meminta doa da dukungan dari masyarakat. Sehingga usulkan dapat diterima dan status jalan yg diusulkan dapat menjadi jalan nasional.

"Mohon doa dan dukungan bersama agar jalan kita jadi jalan nasional," ajaknya.

Dalam rapat yang telah digelar tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Ketapang, Farhan, Sekretaris Daerah Kayong Utara, Hilaria Yunani, Wakil Ketua DPRD Kayong Utara, M Abas yang datang bersama komisi dua, Kadis Pekerjaan Umum , Tomi Djunaidi, Kepala Bappeda, Romi Wijaya dan Kadis Perhubungan, Gunawan.

Baca juga: 30 Jurnalis Promosikan Festival Karimata 2015

Kabupaten Kayong Utara sendiri merupakan kabupaten pecahan dari Kabupaten Ketapang. Kabupaten tersebut dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2007 pada tanggal 2 Januari 2007. Kabupaten Kayong Utara adalah 1 dari 16 usulan pemekaran kabupaten/kota yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat pada tanggal 8 Desember 2006 lalu.

Kabupaten Kayong Utara yang memiliki luas wilayah sekitar 35.825 KM2 terbagi menjadi 6 wilayah kecamatan, yaitu Kepulauan Karimata, Pulau Maya, Seponti, Simpang Hilir, Sukadana dan Teluk Batang.

Pewarta: Dedi

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020