Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang, Banten mendistribusikan bantuan logistik berupa matras kepada para pengungsi di Kecamatan Periuk yang tersebar di beberapa titik lokasi diantaranya pos pengungsian yang berada di GOR Total Persada.

"Pendistribusian bantuan ini, karena PMI sebagai organisasi kemanusiaan berperan dalam menjalankan mandat Undang-Undang Nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 tahun 2019," jelas Ketua PMI Kota Tangerang, Kuswarsa melalui sambungan telepon yang dihubungi dari Tangerang, Jumat.

Baca juga: PMI salurkan 55.000 liter air bersih untuk korban banjir di Tangerang dan Bekasi

Menurutnya, PMI selalu berperan aktif di berbagai kegiatan pelayanan kemanusiaan dalam segala kondisi, baik itu saat damai, terjadi bencana maupun membantu pengungsi pada saat ada permasalahan sosial.

PMI Kota Tangerang sudah berkoordinasi Pemerintah Kota Tangerang maupun Kecamatan Periuk dalam proses assessment dan distribusi bantuan. Selain itu, pihaknya selalu berkomunikasi dengan PMI Provinsi Banten untuk kebutuhan bantuan logistik.

Baca juga: PMI Kota Tangerang terjunkan relawan bantu evakuasi korban banjir

Sampai saat ini lembaga kemanusiaan ini terus mengupayakan serta akan memberikan berbagai pelayanan seperti assesment, evakuasi, dapur umum, distribusi bantuan dan memobilisasi ambulans.

"Bantuan matras yang kami berikan untuk para pengungsi sebanyak 90 paket supaya agar selama mereka mengungsi bisa tinggal lebih nyaman khususnya saat malam hari," tambahnya.

Baca juga: PMI Tangerang siagakan personel saat musim hujan guna antisipasi bencana

Sementara, Ketua RT 08/07 Kelurahan Gembor, Slamet mengatakan kondisi para pengungsi cukup memprihatinkan apalagi saat ini hujan hampir turun setiap hari. sehingga rawan terserang penyakit apalagi pada malam suhu udara cukup dingin.

Dengan adanya bantuan dari PMI Kota Tangerang tentunya sangat membantu pengungsi untuk alas tidur, sehingga mereka bisa lebih nyaman saat beristirahat khususnya balita dan anak-anak yang rawan terserang penyakit.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020