Sebagai market place on line, Yulibu.com yang dilahirkan dan merupakan milik anak bangsa berusaha mengangkat potensi-potensi UMKM tradisional lokal untuk dapat bersaing ditingkat internasional.

GM Sales and Marketing Yulibu.com, Edi Julianto dalam keterangannya, Jumat mengatakan Yulibu.com adalah platform place jual beli online (startup) yang di desain dan dibuat asli oleh anak-anak Indonesia untuk memberdayakan UMKM di Indonesia yang memiliki produk-produk unit kebangsaan kebanggaan bangsa.

Yulibu.com hadir ditengah kegelisahan persaingan produk UMKM agar bisa dipasarkan keluar negeri secara online.

Dikatakannya kemitraan dengan para pelaku UMKM dimulai dari kota Bandung Jawa Barat untuk kemudian diikuti dengan UMKM diseluruh kota di Indonesia.

Yulibu.com memberikan solusi alternatif bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya ke pasaran internasional dengan komitmen membangun sistem transaksi yang aman cepat dan mudah.

Yulibu sebagai platform marketplace baru asal Indonesia sekaligus membangun kemitraan dengan para pelaku UMKM dan sosialisasi kepada UMKM tentang pengembangan usaha di pasar internasional dan perkembangan Global online marketplace.

Kota Bandung adalah tempat pertama sebagai titik awal perkenalan Yulibu.com dengan UMKM di Indonesia.

Dari kota Bandung target selanjutnya adalah kota-kota lain di Indonesia yang berjenjang UMKM.

"Kami ingin bekerjasama dengan UMKM baik melalui pusat kerajinan nasional daerah di masing-masing provinsi/kabupaten, juga kerjasama dengan Dinas Koperasi UKM se-Indonesia, selain itu juga dengan Departemen Perindustrian dan Perdagangan Kota Kabupaten serta asosiasi-asosiasi yang kini menaungi UMKM," jelas Edi.

Dalam sistem kerja sama antara Yulibu dengan UMKM yang pasti Yulibu memberikan kesempatan untuk memasarkan produk UMKM keluar negeri. Sehingga agar para pelaku UMKM dapat lebih paham dengan sistem bisnis online dan peningkatan mutu/kualitas produk, yulibu juga melajukan pelatihan dan melibatkan para kurator dalam memilih produk-produk UMKM yang dinilai layak dipasarkan ditingkat internasional.

Dari seminar, pelatihan dan kurasi produk yang dilakukan dikota Bandung ini, ratusan pelaku UMKM yang hadir bersama pihak Dekranasda Provinsi Jawa Barat memberikan respon positif. Mereka juga begitu antusias mendaftarkan produknya untuk turut dipasarkan oleh Yulibu.com.

Kedepan, Yulibu berharap semua produk UMKM bisa tertampung tetapi lebih diprioritaskan pada produk-produk yang unik dan berkualitas. Sejauh ini, lima kategori produk lokal yang menduduki urutan terlaris di Amerika, Eropa, Afrika dan Asia adalah produk fashion, aksesoris, beauty care, produk herbal, dan kerajinan tangan.

Yulibu.com sebagai marketplace yang dirintis oleh Harri Irawanto, pria asal kota Malang Jawa Timur berdiri sejak tahun 2016. Pendiriannya didasari atas motivasi agar produk-produk UMKM tanah air bisa menembus pasar luar negeri.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020