Bogor, 5/2 (ANTARA) - Parade mobil hias 12 Shio memeriahkan perayaan Kirab Cap Go Meh 2012 di Vihara Dhanagun, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu.

"Selain menampilkan parade mobil hias 12 shio, juga akan hadir atraksi 25 liong, 50 barongsai, dan 17 joli (tandu) yang akan mengarak para dewa dari Dhanagun menuju Vihara Buddhasena," kata Ketua Perayaan Cap Go Meh Vihara Dhanagun, Arifin Himawan di Bogor, Minggu.

Arifin mengatakan, perayaan Cap Go Meh tahun pihaknya menyelenggarakan Bogor Street Festival 2012 yang menghadirkan serangkaian kirab menyambut Cap Go Meh diantaranya adalah parade mobil hias 12 shio.

Perayaan Cap Go Meh 2012 ini mengangkat tema "Menjalin Persatuan Bangsa dalam ragam Budaya". Kirab Cap Go Meh dimulai sejak Sabtu (4/2) malam dengan menampilkan malam kesenian Bogor.

"Malam kesenian Bogor ini kita menampilkan berbagai musik tradisional kita seperti tanjidor, angklung, calung dan keroncong," katanya.

Pada hari Minggu,perayaan Cap Go Meh diisi dengan parade mobil hias 12 shio yang akan dimulai sore hari pukul 19.00 WIB.

Parade mobil hias 12 shio dan para joli diarak dengan rute Kebun Raya Bogor-Suryakencana-Siliwangi-Pajajaran-Sempur-Juanda dan kembali ke Vihara Dhanagun.

Sebelum parade dimulai, Minggu pagi dilakukan ritual persiapan pemindahaan Mpe Houw Ciong Kun naik ke joli (tandu). Diikuti dengan Kongcu Pan Kho. Pukul 14.30 WIB dilanjutkan dengan pemindahan Kimsin (Rupang) dewa Kongco Pan Kho ke altar dewa.

"Setelah pemindahan Kimsin, acara dilanjutkan dengan ritual tolak bala Tangsin bagian pertama. Dan tangsin bagian ke dua pada malam harinya," kata Arifin.

Pada hari Senin, merupakan puncak perayaan Cap Go Meh acara yang dilakukan yakni ritual pemindahan Trimulia, penyambutan tamu dari luar kota, atraksi seni dan budaya, ritual puja bakti Cap Go Meh, parade mobil hias, pemindahan kimsin, pemberangkatan joli yang akan dilepas oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

"Rencananya acara ini akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat dan Wali Kota Bogor Diani Budiarto," kata Arifin.

Situasi di Vihara Dhanagun sejak pagi ini cukup ramai didatangi para pengunjung baik umat, maupun warga setempat yang ingin melihat perayaan yang digelar setiap setahun sekali.
 

Laily R

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012