Peringatan Hari Tanah Sedunia (World Soil Day/WSD) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Desember. Untuk tahun 2019, peringatan WSD diperingati dengan tema "Hentikan Erosi Tanah, Selamatkan Masa Depan".

Hari Tanah Sedunia merupakan hari peringatan yang muncul dilandasi oleh realita bahwa sepertiga tanah di bumi ini telah rusak atau mengalami penurunan kualitas.

Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H, M.H hadir dan memberikan sambutan pada peringatan Hari Tanah Sedunia yang dilaksanakan di aula BBSDLP pada Rabu, 5 Desember 2019.

"Tanah itu sumber kehidupan, pertanian, peternakan, bahan bangunan, semua bagian dari kehidupan berawal dari tanah, kalau kita bijak menggunakan tanah, tanah pun akan memberikan kebaikan pana manusia," kata  Mentan dalam sambutannya.

Baca juga: Mahasiswa Polbangtan Bogor raih dua gelar Duta Muda Sehat Kota Bogor 2019

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BB SDLP)  mengadakan berbagai kegiatan untuk meramaikan hari tanah sedunia, antara lain  berbagai bimtek untuk umum, lomba melukis dan mewarnai, Soil Judging Contest, Lomba Essay dan Lomba Vlog.

Acara juga dimeriahkan dengan display produk pertanian, Launching & penandatanganan MoU Smart Sensing KIT (Peta Gambut), Penganugerahan pemenang lomba, dan orasi purna bakti.

Untuk perlombaan, dua Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbantan) Bogor memenangkan dua kategori yakni atas nama Ahmad Mubarok sebagai juara pertama lomba essay dan tim Liza Ramadhani sebagai juara tiga Lomba vlog.

Baca juga: Polbangtan Bogor gelar sosialisasi guna sukseskan Kostratani

Para pemenang lomba diberikan apresiasi berupa  piala/plakat, sertifikat, dan uang pembinaan.

Menurut Dr Husnain selaku kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian, berbagai kegiatan juga dilaksanakan untuk berbagaiblqpisan masyarakat mulai dari siswa PAUD/TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa, bahkan masyarakat umum, hal ini agar kepedulian terhadap lingkungan khususnya tanah lebih tertanam sejak dini sampai ketika sudah dewasa.

"Kegiatan juga dilaksanakan untuk berbagaiblqpisan masyarakat mulai dari siswa PAUD/TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa, bahkan masyarakat umum, hal ini agar kepedulian terhadap lingkungan khususnya tanah lebih tertanam sejak dini sampai ketika sudah dewasa," ujar Dr Husnain.

Baca juga: Polbangtan Bogor gelar "Temu wirausahawan muda pertanian" ungkap trik jadi eksportir milenial

Acara juga dihadiri pejabat Kementrian Pertanian, mahasiswa, Himpunan mahasiswa ilmu tanah, dan berbagai lapisan masyarakat lainnya.

Pewarta: Oleh: Humas Polbangtan Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019