Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang, Banten pasberakhirnya kepengurusan PMI masa bhakti 2014-2019 segera melakukan musyawarah kabupaten (muskab) untuk menjalankan amanah yang tertuang dalam AD/ART PMI.

"Di akhir masa kepengurusan ini kami ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan pengurus PMI Kabupaten Tangerang 2014-2019 yang sudah bersedia meluangkan tenaga, waktu dan pikirannya demi melaksanakan misi kemanusiaan," kata Ketua Demisioner PMI Kabupaten Tangerang Soma Atmaja melalui sambungan telepon Selasa.

Menurutnya, muskab ini harus dijadikan ajang silaturahmi dan tukar gagasan demi misi kemanusiaan serta terus meningkatnya kualitas anggota PMI dalam memberikan kepada pelayanan masyarakat dalam bidang kesehatan, kebencanaan, pengembangan organisasi dan dibidang lainnya khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang.

Baca juga: 74 orang pendonor darah sukarela PMI Kota Tangerang diberi penghargaan

Pihaknya juga mengapresiasi kepada seluruh relawan PMI yang bertugas di tingkat kecamatan yang sudah sigap membantu dan bersedia dimobilisasi saat terjadi bencana yang tak kenal waktu

"Kami berharap dengan muskab ini PMI Kabupaten Tangerang bisa semakin jaya dan lebih dipercaya masyaakat dalam berbagai aksi kemanusiaan baik dalam membantu korban bencana, kecelakaan dan pelayanan lainnya," tambahnya.

Assisten Daerah III Bidang Administrasi Umum Setda Tangerang Yani Sutisna mengatakan PMI merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan. Dengan perkembangan zaman saat ini maka tantangan dalam meningkatkan kinerja dan fungsi organisasi sosial terutama kemanusiaan menjadi tidak mudah.

Baca juga: PMI Tangerang dan DKSH meluncurkan sekolah sehat, aman, hebat

Terlebih lagi kondisi iklim sulit diprediksi sehingga banyak fenomena alam yang menimpa masyarakat khususnya di Kabupaten Tangerang. Maka dari itu, PMI Kabupaten Tangerang membutuhkan sumberdaya yang sigap, tanggap dan cepat dalam memberikan pertolongan yang dibutuhkan kepada korban bencana.

Sehubungan dengan diselenggarakannya Muskab PMI Kabupaten Tangerang ke XIII ini ia berharap forum ini berjalan dengan baik agar dapat menghasilkan keputusan yang tepat terutama dalam memilih ketua sehingga menentukan figur-figur kepengurusan yang lainnya.

"Pemkab Tangerang mengapresiasi atas terselenggaranya muskab ini sehingga, mampu menghasilkan inovasi program kerja yang inovatif dan memberikan hasil nyata seperti program kerja sebelumnya," katanya.

Baca juga: PMI bantu ratusan pengungsi korban kebakaran lapak daur ulang limbah di Tangerang

Agenda lima tahunan ini tersusun beberapa kegiatan diantaranya penyampaian laporan pertanggungjawaban kepengurusan PMI Kabupaten Tangerang 2014-2019, menyusun dan pengesahan rencana strategis (renstra) untuk kepengurusan PMI yang akan datang.

Pemilihan Ketua PMI masa bhakti 2019-2024, serta pemberian reward bulan dana kepada PMI kecamatan terbaik yang sudah memenuhi kriteria yang diantaranya adalah PMI Kecamatan Kresek dan PMI Kecamatan Cikupa yang mendapatkan masing-masing satu unit sepeda motor. (KR-ADR)

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019