Kepala Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan Vokasi Universitas Indonesai (UI) Dede Suryanto mendorong mahasiswa perbankan Vokasi UI untuk berkiprah di forum global.

"Ini semua agar mereka dapat mengembangkan diri dan kelak mampu bersaing sebagai professional dari negara lain," kata Dede di Kampus UI Depok, Rabu.

Menurut dia dunia bisnis startup digital terus bergeliat seiring tumbuh dan berkembangnya perekonomian Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Vokasi UI ajak kaum muda kembangkan industri kreatif berbasis digital

Lahirnya beberapa startup unicorn di Indonesia seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya turut memacu pelaku startup digital nasional untuk mengakselerasi bisnisnya, mencari akses dan peluang permodalan melalui berbagai forum business meeting startup.

Untuk itu kata dia Vokasi UI menegelar ajang pertemuan Startup Company di Singapura beberapa waktu lalu yang bertujuan mendorong lebih banyak lagi startup kompetitif yang mampu memanfaatkan pasar ekonomi asia yang sedang berkembang.

Acara yang bertempat di PSB Academy Marina Square ini mengusung tema “Building competitive startup in Asia Emerging Market” yang dibuka oleh Duta Besar RI untuk Singapura I Gde Ngurah Swajaya dan Direktur Vokasi UI Prof. Dr. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA.

Baca juga: Vokasi UI mencanangkan 'Furoshiki' pengganti kantong plastik

Forum ini juga menjadi ajang kompetisi business model startup berbasis digital yang diikuti tidak kurang dari 20 tim dari berbagai negara ASEAN.

Peserta summit juga berkesempatan mengunjungi Hangar 71 NUS Entreprise untuk mempelajari ekosistem startup dan inkubator bisnis dan mengamati proses bisnis beberapa startup yang sedang berkembang pesat antara lain Gumi Asia (animasi), KALMS (IT), DBUB Singapore (blockchain) dan D2-1 (fashion).

Puncak acara diadakan event pitching yang diikuti 10 peserta startup nominasi dan dilanjutkan dengan business meeting.

Baca juga: Vokasi UI beri pelatihan aparatur desa di Bogor

Acara ini merupakan agenda tahunan ketiga Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan Vokasi UI yang rutin diadakan secara marathon di negara-negara ASEAN.

Kegiatan ini merupakan wujud sinergi positif antara kampus dengan industri yang dimotori oleh Vokasi UI dan Universitas Pertamina dan didukung oleh para pelaku bisnis startup dan ekspertise di Singapura.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019