Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMAN 15 Kota Tangerang, Banten menggelar lomba Palang Merah Remaja (PMR) Indonesia yang bertemakan "Spirit Of Humanity" se-Tangerang Raya yang diikuti 545 peserta dari berbagai tingkatan sekolah.

"Kami mengadakan kegiatan ini yakni menumbuhkembangkan generasi muda menjadi kader pimpinan PMI di kemudian hari. Juga sebagai ajang kreatifitas serta media pendidikan dan pelatihan bagi anggota PMR Indonesia," kata Pembina PMR SMAN 15 Kota Tangerang Enung Suhairni melalui sambungan telepon, Minggu.

Baca juga: PMR Garut ciptakan replika alat pendeteksi longsor dan banjir

Perlombaan ini merupakan kegiatan yang baru di selenggarakan oleh PMR SMAN 15 Tangerang ditingkat Madya dan Wira (SMA dan SMP). Menurutnya, tujuan kegiatan ini juga untuk meningkatkan solidaritas kemanusiaan yang sudah lama vacum.

Selain itu, kegiatan ini sangat baik bagi pelajar untuk meningkatkan kapasitas diri mereka dan harapannya agar ke depannya bisa lebih dikemas lagi agar menarik minat pelajar di sekolah serta terus berkembangnya rasa persahabatan antarsesama PMR Indonesia.

Perlombaan ini bukan untuk mencari siapa yang terbaik tetapi, yang paling penting dari kegiatan tersebut untuk menjalin silaturahmi dan mempererat persaudaraan diantara warga PMR Indonesia serta sarana generasi muda untuk mengukir prestasi di bidang kepalangmerahan.

Baca juga: Ribuan anggota PMR dilatih siaga bencana dan pertolongan pertama

‎Sementara itu, Ketua Pelaksana Perlombaan PMR SMAN 15 Kota Tangerang Ajeng Putri Lestari menambahkan perlombaan tersebut diikuti 545 peserta dari pelajar SMA 40 dan SMP 30 Tangerang. Sedangkan ajang yang dilombakan diantaranya pertolongan pertama (PP), poster, donor darah sukarela, membuat tandu dan cerdas tangkas.

"Kami berharap dengan adanya perlombaan ini bisa mencetak generasi muda dan kader-kader pemimpin masa depan bangsa dalam rangka menyiapkan generasi muda menjadi pemimpin. Maka diperlukan pembinaan yang memadai, terarah dan berkesinambungan salah satunya melalui lembaga atau organisasi PMI," tambahnya.

Baca juga: Plt Bupati Cianjur: Kebaradaan PMR dibutuhkan di tengah masyarakat

Di tempat yang sama, Humas SMAN 15 Kota Tangerang Husain mengatakan perlombaan PMR Indonesia tersebut untuk yang pertama kalinya digelar oleh sekolahnya. Diharapkan tahun-tahun berikutnya kegiatan serupa bisa terlaksana kembali dan pesertanya bisa lebih banyak yang tidak hanya dari wilayah Tangerang tetapi, dari luar daerah bisa ikut serta. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019