Bekasi  (Antaranews Bogor) - Komisi A DPRD Kota Bekasi, Jawa Barat, akan mengupayakan alokasi anggaran untuk proyek sodetan menuju Banjir Kanal Timur dalam rangka meminimalkan dampak banjir di kawasan barat wilayah setempat.

"Program ini sejalan dengan usulan dari masyarakat yang ada, khususnya wilayah yang terkena banjir selama ini," kata anggota Komisi A DPRD Kota Bekasi Ariyanto Hendrata di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, Komisi A telah melakukan peninjauan langsung ke lapangan bersama Wali Kota Bekasi dan Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi.

"Kami sudah meninjau lokasi rencana penyodetan saluran air menuju Banjir Kanal Timur (BKT) yang ada di perbatasan Bekasi Barat dengan DKI Jakarta," katanya.

Menurut politikus PKS itu, banjir yang selama ini menimpa warga Kecamatan Bekasi Barat dan Medansatria terjadi akibat adanya penyempitan di hilir saluran tersebut.

"DPRD bersama Pemkot Bekasi sudah menganggarkan sodetan saluran air baru menuju BKT di Kelurahan Kota Baru, Bekasi Barat, karena saluran pembuangan yang saat ini ada kurang representatif," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan bahwa dana yang dibutuhkan untuk proyek tersebut berkisar Rp20 miliar.

"Akan diupayakan pendanaannya dari APBN 2014. Kalau sodetan itu terealisasi, banjir di Bekasi Barat dan Medan Satria bisa teratasi," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014