Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan (Unpak), untuk memajukan pariwisata yang ada di daerah itu

"FISIB telah melakukan kerja sama dengan pihak Kabupaten Bogor, contohnya adalah kerja sama dengan Desa Ciasmara yang merupakan bagian dari Kabupaten Bogor yang menjadi desa binaan FISIB," ujar Dekan FISIB Unpak, Agnes Setyowati kepada ANTARA di Bogor, Kamis.

Menurutnya, belakangan ini mahasiswa serta dosen FISIB Unpak terlibat dalam melakukan personal branding dan menonjolkan potensi pariwisata yang ada di Desa Ciasmara. Hal itu dianggapnya sebagai bentuk realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, antara lain menjadi situs riset dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa semua Program Studi yang ada di FISIB.

Baca juga: Bogor-Hamyang Gun jalin kerja sama pengembangan pariwisata

"Selain itu, FISIB juga telah melakukan kerja sama dengan Diskominfo sebagai tempat praktek kerja lapangan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi dan pertukaran nara sumber. Kerja sama berikutnya adalah dengan Radio Tegar Beriman. Mahasiswa Prodi Sastra Inggris secara reguler mengisi salah satu program berbahasa Inggris di radio ini," papar Agnes.

Keseriusan kerja sama itu diteruskan dengan penandatanganan MoU antara Pemkab Bogor dengan Universitas Pakuan, Kamis. Setelah menandatangani MoU, Bupati Bogor, Ade Yasin memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa FISIB Unpak, dengan mengusung tema 'Membangun Kabupaten Bogor yang Berbudaya Berbasis Kearifan Lokal'.

Baca juga: Video kawin kontrak viral lagi berakibat merusak citra pariwisata Bogor

Agnes merasa beruntung karena rangkaian kegiatan syukuran gedung FISIB yang baru direvitalisasi itu berlangsung meriah. Agnes berharap bahwa revitalisasi gedung ini akan lebih meningkatkan kinerja, inovasi, dan kreatifitas sivitas akademika dan karyawan FISIB serta menaikkan citra Universitas Pakuan.

"Revitalisasi gedung ini juga merupakan realisasi dari komitmen kami dalam memberikan sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran di lingkungan FISIB, seperti laboratoritum multimedia, bahasa, radio, penyiaran, fotografi, dan kesenian,” paparnya.

Baca juga: HMI meramu strategi tingkatkan perekonomian dari pariwisata

Sementara itu, Ade Yasin menyebutkan bahwa MoU tersebut bertujuan untuk menyinergikan antara Pemkab Bogor dengan para akademisi dalam membangun Kabupaten Bogor. Karena, menurutnya Pemkab Bogor telah banyak bekerja sama dengan universitas lain selain Unpak Bogor.

“Karena membangun suatu daerah tidak bisa sendiri, butuh dukungan dari berbagai element, begitu juga dengan dunia pendidikan, saya harap Universitas Pakuan bisa berkontribusi untuk memajukan pembangunan di Kabupaten Bogor,” kata Ade Yasin.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019