Cibinong (Antaranews Bogor) - Bupati Bogor Rachmat Yasin menegaskan bahwa pengabdian para anggota Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri hendaknya tidak berhenti hanya karena sudah tidak aktif lagi dalam kedinasan.

"Meskipun telah tidak aktif lagi dalam tugas kedinasan, pengabdian kepada masyarakat jangan pernah berhenti, bahkan harus terus ditingkatkan," katanya di Cibinong, Jawa Barat, Rabu.

Ketika membuka Muscab VII Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri) di Kodim 0621 Cibinong, dia mengatakan bahwa dengan kinerja Pepabri, masyarakat memiliki penilaian yang positif.

"Bahwa usia dan ikatan kedinasan bukan merupakan hambatan untuk berperan aktif dalam pembangunan daerah," katanya.

Menurut Bupati, yang namanya purnawirawan TNI, di lingkungannya tetap sebagai tokoh masyarakat.

"Mengapa?" kata dia, "Karena faktor kepercayaan masyarakat terhadap TNI. Artinya, tentara tidak pernah mati (dalam mengabdi)."

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya akan memperhatikan setiap anggota TNI maupun purnawirawan yang ada di Kabupaten Bogor karena mereka semua pahlawan bangsa.

"Menjadi tanggung jawab saya untuk memperhatikan Pepabri dan TNI," katanya.

Dalam kesempatan itu, Rachmat Yasin berharap ke depannya Pepabri dapat menjadi organisasi yang terus mengabdi kepada masyarakat.

"Teruslah berpartisipasi untuk masyarakat dengan memberikan ide-ide untuk mewujudkan Kabupaten Bogor sebagai kabupaten termaju di Indonesia," katanya.

Sementara itu, Ketua Pepabri Kabupaten Bogor H. Tamdjuri menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemkab Bogor yang telah membantu Pepabri, baik materiil maupun moril.

"Terima kasih kepada Bupati Rachmat Yasin yang selalu memperhatikan kami," katanya.

Pihaknya akan selalu ingat pesan Bupati Bogor bahwa Pepabri bukan organisasi politik, melainkan organisasi independen dalam mengabdi kepada masyarakat.

Tamdjuri juga berharap ke depannya muscab dapat menghasilkan program yang lebih baik lagi.

"Mari kita susun kepengurusan yang baru dengan bermusyawarah serta ke depan kita harus kembangkan Pepabri Kabupaten Bogor ke arah yang lebih baik," katanya.

Pada bagian akhir, Bupati Bogor mengatakan bahwa muscab merupakan sarana untuk menguatkan konsolidasi, mengkaji kinerja manajemen dan program kerja, serta membahas berbagai tantangan organisasi.

"Mari dengan adanya kegiatan ini, tumbuhkan kembali solidaritas antarsesama anggota dan juga bangun kembali rasa persatuan serta toleransi," katanya.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014