Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Sekretaris Kelurahan Babakan Kota Bogor, Ian Sofian, Rabu, mendesak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan agar membuka layanan di Rumah Sakit (RS) Siloam Bogor yang berlokasi di kelurahan tersebut.

Ian meminta BPJS Kesehatan segera menerbitkan izin pelayanan penggunaan kartu Jaminan Kesejatan Nasional (JKN) di RS Siloam Bogor, sehingga masyarakat sekitar bisa berobat dengan biaya dicover oleh BPJS Kesehatan.

"Kami berharap agar layanan BPJS dapat digunakan di rumah sakit Siloam Bogor sebagai rumah sakit terdekat yang berada di wilayah kami," ujar Ian Sofian usai menghadiri bakti sosial kesehatan Siloam Hospitals Bogor di Kampung Cibende, Kelurahan Babakan Kota Bogor.

Ia menyebutkan, terdapat sekitar 10 ribu warga dari delapan kelurahan di Kecamatan Bogor Tengah. Tapi, khusus di wilayah Babakan hanya difasilitasi satu Puskesmas Pembantu. Hal itu, yang mendasari permintaannya itu ke BPJS Kesehatan.

Meski begitu, Ian mengaku sangat terbantu atas pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan oleh Siloam Hospitals Bogor kepada sekitar 150 warganya.

Sementara itu, Hospital Director Siloam Hospitals Bogor, dr Finna E Indriyani menyebutkan bahwa bakti sosial itu dilakukan dalam rangka peringatan hari kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia (RI) di Kota Bogor. Kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian dari peringatan hari lahir Siloam Hospitals Bogor kedua.

"Kami harap dengan adanya kegiatan baksos kesehatan ini, warga dapat lebih memperhatikan kesehatan dan rutin memeriksakan dini guna pencegahan penyakit," kata Finna.

Di samping itu, ia juga memaparkan hasil dari pemeriksaan kesehatan masyarakat Babakan Kota Bogor. Menurutnya, mayoritas mengidap diabetes dan hipertensi.

"Terutama warga yang telah berusia lanjut. Sementara untuk usia kanak-kanak dan remaja, kerap dikeluhkan adanya alergi dan penyakit batuk," bebernya.(KR-MFS).

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019