Sebanyak delapan operator alat berat beradu kemampuan di ajang kompetisi Cat Global Operator Challenge tingkat nasional yang diselenggarakan di Trakindo Training Center Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Division Head Construction Industry Marketing PT Trakindo Utama, Rozy Andrianto sebagai penyelenggara kegiatan mengatakan bahwa persaingan antar delapan operator alat berat dari berbagai wilayah di Indonesia itu merebutkan tiga posisi teratas.

"Babak penyisihan kompetisi Cat Global Operator Challenge telah sukses digelar di Banjarmasin, Makassar, Yogyakarta, dan Palembang dengan tingkat partisipasi sejumlah lebih dari 70 operator alat berat. Kami mencari yang terbaik dari yang terbaik untuk mewakili Indonesia,” ujar Rozy kepada Antara di Cileungsi, Bogor.

Menurutnya, tiga operator alat berat akan mewakili Indonesia pada komtetisi tingkat regional yang akan diselenggarakan di Jepang pada November 2019.

Pada kompetisi manuver alat berat ini, berbagai konfigurasi rintangan disiapkan untuk membuktikan kemampuan terbaik para peserta. Operator alat berat ditantang uji keandalan meliputi ketepatan, kegesitan, ketangguhan mental, fleksibilitas, juga kemampuan menggunakan fitur teknologi yang terintegrasi.

"Tujuan lain untuk meningkatkan kinerja dengan menggunakan berbagai jenis alat berat Cat, sembari menjaga aspek keselamatan kerja," bebernya.

Rozy mengaku optimistis para operator alat berat tanah air memiliki kemampuan yang baik. Sehingga, ia berharap tiga operator asal Indonesia yang melenggang ke tingkat selanjutnya bisa pulang dengan mengenggam kemenangan.

Kompetisi ini merupakan bagian dari acara Cat Global Operator Challenge yang diselenggarakan oleh Caterpillar pada tingkat dunia. Para kontestan yang berhasil lolos pada babak final tingkat regional akan mengikuti final tingkat dunia yang diadakan di Conexpo-Con/Agg, Las Vegas, Amerika Serikat, pada Maret 2020.

Sebagai hadiah utama sekaligus apresiasi terhadap pemenang di tingkat dunia juga akan berhak mendapatkan hadiah perjalanan "VIP" gratis ke fasilitas Caterpillar sesuai pilihannya.

Rozy menyebutkan, Gelaran Cat Global Operator Challenge di Indonesia ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan Trakindo dalam mendukung peningkatan prestasi operator alat berat.

“Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat mendorong semangat para operator tanah air untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuannya dalam mengoperasikan alat berat, dan meningkatkan produktivitas pekerjaan,” tutup Rozy.(KR-MFS).

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019