Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Lampung, Kak Idrus Effendi melepas keberangatan sebanyak 32 peserta dan dua Pembina Pendamping untuk mengikuti "The Scout Jamboree Celebration For Coronation of King Rama, Thailand 2019", di Bandarlampung, Kamis malam (13/6/2019).

Pada acara pelepasan yang berlangsung di aula Pusdiklatda itu, Kak Idrus selaku Ketua Kwarda Lampung dalam arahannya mengatakan, Pramuka Lampung aktif dalam mengikuti kegiatan kepanduan yang diadakan di luar negeri.

Tercatat Lampung pernah mengikuti "Kuala Lumpur International Scout Jamboree, dan 6th ASEAN Scout Jamboree Philippina, serta 1st ASEAN Rover Moot Brunei".

Kak Idrus berpesan kepada Pramuka yang menjadi "Duta Pramuka Lampung" agar menjaga nama baik Indonesia, dan khususnya Provinsi Lampung.

"Ikuti petunjuk dan arahan yang diberikan" harapnya.

Idrus mengingatkan lebih lanjut, "Pramuka tetap menjadi wadah terbaik dalam pembinaan kader generasi muda.
Pramuka menjadi tauladan dalam etika sikap sopan santun dan ketrampilan yang baik.

"Pramuka tetap menjadi wadah terbaik dalam pembinaan kader generasi muda. Pramuka menjadi tauladan dalam etika sikap sopan santun dan ketrampilan yang baik" harapnya pula.

Merayakan penobatan Raja Thailand

Sementara itu, di tempat yang sama, Kak Hizbuddin Burmelli yang menjadi Pembina Pendamping bersama Kak Imam Nahrowi dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan yang dihelat di Provinsi Songkhla, Thailand ini akan berlangsung selama lima hari, dari 16 hingga 20 Juni 2019.

Lampung dalam kesempatan itu memberangkatkan 32 peserta, dan dua Pembina Pendamping. Dengan rincian sembilan Pramuka dari Kwarcab Kota Bandarlampung, delapan dari Kwarcab Lampung Timur, enam dari Kwarcab Kota Metro, tiga dari Way Kanan, satu Lampung Tengah, dua dari Tulang Bawang Barat, dua dari Lampung Utara, dan empat Pramuka dari Kwarcab Kabupaten Way Kanan.

"Keseluruhan peserta terdiri atas 12 putera, dan 20 puteri," lapornya.

Kak Hizbuddin yang juga menjabat sebagai Sekretaris Bidang Binamuda Kwarda Lampung ini menambahkan, kegiatan yang diselenggarakan oleh National Scout Organization of Thailand (NSOT) ini diadakan dalam rangka merayakan penobatan Raja Thailand, Raja Maha Vajiralongkorn yang baru dinobatkan sebagai King Rama X pada Sabtu (4/5/2019) yang lalu.

Kontingen Lampung akan memulai perjalanan ke Songkhla, Thailand pada Jumat (14/06/2019) pagi menuju Jakarta, untuk bergabung bersama kontigen dari Kwarda lainnya yang ikut serta dalam ajang itu, dan terlebih dahulu akan mengikuti seremoni pelepasan Kontingen Pramuka Indonesia yang akan dilepas oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Cibubur.

Pada Jambore di Thailand nanti, kontingen Lampung akan menampilkan atraksi seni dan budaya ciri khas dari Lampung.

Turut hadir mendampingi Ketua Kwarda Lampung pada acara apelepsan itu yakni Ketua Harian Kwarda Kak Zainuri beserta jajaran Pimpinan/Andalan Kwarda, Orang Tua/Wali peserta, dan tamu undangan (RLs/Pusinfoda/ANT-BPJ).

Pewarta: Oleh: Pusinfoda/Humas Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019