Depok (Antara) - Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma`il mengatakan pemuda merupakan garda terdepan dalam pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat.

"Pemuda adalah SDM dengan stamina, dan pengetahuan yang lebih luas harus diarahkan ke dalam hal-hal yang positif," kata Nur Mahmudi dalam acara Bulan Pemuda Depok di Balaikota, Rabu.

Menurut dia kegiatan organisasi kepemudaan adalah hal yang sangat baik dilakukan oleh pemuda agar melatih mereka berorganisasi dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan..

''Peran Pemuda sangat signifikan bahkan dalam mengiringi Indonesia menggapai kemerdekaan," katanya.

Ia mengatakan para pemuda berperan meningkatkan semangat, dan menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, juga berkontribusi dalam peperangan meraih Kemerdekaan Indonesia pada saat itu.

Pemerintah katanya mempunyai tugas dan tanggungjawab kepada pemuda, sesuai dengan yang tertuang di dalam undang-undang.

"Jika hak dan kewajiban Pemuda dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, bersama-sama Pemeritah, dapat menyelesaikan berbagai masalah sosial," jelasnya.

Dikatakannya pemuda dapat menjadi soko guru kemandirian, Penanaman Jiwa Patriotisme, dan Nasionalisme. Jiwa kewirausahaan pada pemuda haruslah ditumbuhkan.

Ia mengatakan para pemuda dapat memanfaatkan 3.000 bantuan, dalam program pemberdayaan ekonomi, dengan menghubungi dinas terkait.

"Majulah pemuda, bangunlah Kota Depok menjadi maju dan sejahtera," katanya.

Wali kota berpesan agar pemuda mencintai dam memakai produk dalam negeri.

Sementara itu Ketua KNPI Kota Depok Thahir mengatakan KNPI merupakan lembaga pertama organisasi kepemudaan yang berdiri sejak 23 Juli 1973 dan tidak berafiliasi kepada suatu partai.

Dikatakannya KNPI merupakan Laboraturium kader kepemudaan yang dicanangkan untuk menambah semangat dan geliat pemuda di Kota Depok.

Pihaknya kata dia berusaha menggiring pemuda, untuk belajar berorganisasi dan mengalihkan waktu luang mereka untuk kegiatan-kegiatan yang positif.

"KNPI siap mendukung program-program Pemerintah Kota Depok. KNPI sebagai organisasi kepemudaan juga bertekad, berkontribusi dalam menjadi garda depan pembangunan," katanya.

Sedangkan Ketua Panpel Bulan Pemuda Siti Nurjanah mengatakan dalam rangka menyongsong hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober mendatang akan menggelar Bulan pemuda akan berlangsung dari tanggal 8 Oktober 2013 sampai dengan 10 November 2013.

Beberapa kegiatan akan dilakukan diantaranya yaitu pada 19 Oktober 2013 Pemuda Peduli Ciliwungn (Pembersihan dan Penghijauan kurang lebih 18 km).

Pada 23 Oktober 2013 Diklat Jurnalistik Aula lantai 1 Balaikota Depok, selanjutnya 25-27 Oktober 2013. Kemah bakti pemuda.

Pewarta: Oleh Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013