Bogor (Antara) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mempercepat optimalisasi dalam pengelolaan pemerintah yang efisien dalam pelayanan publik melalui pengembangan pemerintahan berbasis elektronik atau E-Government.

"Kita berharap pengembangan pemerintahan berbasis elektronik (e-government) bisa dipahami dan menjadi kebutuhan yang mendesak bagi Pemerintah Kota Bogor," kata Kepala Seksi Aplikasi, Telematika dan PDE, Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Bogor Naufal Isnaeni, di Kota Bogor, Jumat.

Naufal mengatakan, sebagai pemegang amanat urusan komunikasi dan informatika, Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Bogor sedang menyusun rencana pengembangan e-government Kota Bogor 2014-2019.

Dijelaskannya rencana pengembangan e-government nantinya akan memuat visi misi prioritas program kegiatan beserta indikator kinerja pelaksanaan e-government di Kota Bogor selama lima tahun ke depan.

Naufal menyebutkan guna mewujudkan percepatan e-goverment, Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Bogor menggelar lokakarya e-government yang diikuti seluruh instansi terkait.

"Tujuan dari lokakarya ini mencari masukan dari pemangku kepentingan di Kota Bogor dalam pengembangan e-government," katanya.

Tujuannya kata dia agar konsep dan kebijakan e-government, bisa tergambar, sehingga dapat disusun sesuai standar dengan melihat kondisi Kota Bogor.

Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Bogor, Azrin Syansudin menambahkan, teknologi memegang peranan sangat penting dalam era globalisasi karena dapat mempermudah segala urusan pemerintahan.

Menurutnya, hal itu berlaku pada usaha-usaha penyelenggaran pemerintahan daerah yang dengan implementasi teknologi telah banyak mempermudah dan mempercepat pelayanan publik.

"Pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan kinerja pemerintahan daerah dalam melayani masyarakat," ujar Azrin.

Azrin menambahkan, dengan e-government, akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi menuju pemerintahan yang baik dengan adanya hubungan yang seimbang antara pemerintahan dengan satuannya dan bisnis pemerintahan (government to community-government to business and government.

"Salah satu upaya Pemerintah Kota Bogor yaitu meningkatkan pelayanan publik melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi," ujarnya.

Pewarta: Oleh Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013