Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta, Jabar, menemukan beberapa produk makanan yang kemasannya rusak dan buah-buahan yang membusuk di sebuah minimarket di daerah itu.

"Produk makanan yang kemasannya rusak dan buah-buahan yang mulai busuk itu kita sita. Penyitaan dilakukan dengan cara dibeli," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta, Karliati Djuanda di Purwakarta, Selasa.

Produk makanan yang kemasannya rusak dan buah-buahan yang mulai busuk itu diketahui saat kegiatan inspeksi mendadak ke sejumlah minimarket dan swalayan di wilayah Purwakarta.

Ia mengatakan barang-barang yang disita itu selanjutya akan di cek dan diteliti.

Pihaknya juga menyampaikan agar pemilik minimarket maupun swalayan segera menarik produk yang sudah rusak sehingga barang-barang itu tidak dipajang atau dijual kepada konsumen.

Ia mengatakan sebenarnya kegiatan sidak merupakan hal biasa menjelang lebaran. Itu dilakukan karena banyak barang promo yang dijual.

"Jadi kita perlu memeriksa, baik dari kemasan, kode produksi terutama kadaluarsa makanan tersebut. Ini bagian dari kewaspadaan dan membuat masyarakat aman," katanya.

Menurut dia, selama Ramadhan ini, petugas akan terus melakukan pemantauan ke berbagai minimarket dan swalayan yang ada di Purwakarta.

Di antara tujuannya ialah agar dapat meminimalisasi produk-produk yang tidak layak dijual supaya lebih aman dikonsumsi masyarakat. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019