Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengerahkan ribuan anggota Linmas untuk berkeliling mengajak masyarakat agar datang ke Tempat Pemungutan Suara pada Pemilu 2019.

Kepala Seksi Linmas Satpol PP setempat Meman Sulaeman, di Purwakarta, Selasa, mengatakan, secara umum para anggota Linmas bertugas mengamankan kegiatan pencoblosan di masing-masing TPS.

Diluar tugas pengamanan di TPS-TPS, mereka juga disarankan untuk berkeliling ke rumah-rumah warga untuk mengajak ke TPS.

Pemkab Purwakarta sendiri mengerahkan 7.190 anggota Linmas untuk membantu jajaran kepolisian dalam pengamanan Pemilihan Umum di daerah tersebut.

Ia mengatakan, ribuan anggota Linmas itu disebar di seluruh TPS dan luar TPS sekitar Purwakarta. Terdapat 5.270 anggota Linmas yang berjaga di dalam TPS seluruh Purwakarta.

Sedangkan 1.920 anggota Linmas lainnya bertugas di luar TPS atau disebut dengan Pengamanan Luar Wilayah TPS.

Dikatakannya, anggota Linmas dikerahkan sebagai bantuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam kegiatan pencoblosan Pemilu tahun ini.

"Memang tidak ada tugas khusus, tapi kalau berinisiatif mengajak warga untuk mencoblos dan tidak golput itu sah-sah saja, karena secara komunikasi, mereka sudah tahu dan sebagai bentuk pro aktif," kata dia.

Sementara itu, pada Pemilu tahun ini masyarakat Purwakarta yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap mencapai 687.280 orang.

Sebanyak 687.280 orang itu menggunakan hak pilihnya di 2.635 Tempat Pemungutan Suara sekitar Purwakarta.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019