Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menyatakan wartawan tidak sekadar mitra kerja, tapi sudah menjadi sahabat dalam memberikan informasi yang baik dan benar untuk masyarakat.

Pelaksana Tugas Kepala Diskominfo setempat Siti Ida Hamidah di Purwakarta, Jumat, mengatakan, peran strategis wartawan harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas para wartawan.

"Tak hanya sekedar mitra kerja, bagi jajaran Diskominfo Purwakarta, wartawan adalah sahabat," katanya disela Seminar Peningkatan Kapasitas Jurnalis 2019 dan Uji Kompetensi Wartawan PWI Purwakarta.

Ia menganggap kalau wartawan sama saja dengan sahabat yang bersama-sama memberikan informasi untuk masyarakat.

Ida berharap agar Uji Kompetensi dan Peningkatan Kapasitas Wartawan di Purwakarta bisa sejalan dengan peningkatan kualitas informasi yang dihasilkan.

"Harus dipastikan, ke depan di Purwakarta, tidak ada berita hoax lagi. Kode etik jurnalistik hendaknya menjadi patokan para insan pers dalam melaksanakan tugasnya," tambah dia.

Sementara itu, Seminar Peningkatan Kapasitas Jurnalis 2019 menggandeng Dewan Pers dan PWI serta sejumlah organisasi wartawan lainnya di Purwakarta seperti FOKUS JP, IWO, KJP, IJTI dan FORKOWAP.

Seminar dilanjutkan dengan agenda diskusi dengan sejumlah narasumber di antaranya Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Yus Hermansyah, Ketua Bidang Advokasi PWI Jawa Barat, Agus Dinar dan Ketua PWI Purwakarta, Asep Yadi Sobana.

Ketua Panitia Peningkatan Kapasitas Jurnalis 2019, Dicky Zulkifly mengatakan kegiatan seminar ini dirangkai dengan agenda Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Purwakarta.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019