Karawang (Antara) - Warung musiman khas musim mudik lebaran "menjamur" di sepanjang jalur mudik wilayah Kabupaten Karawang hingga Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis.

Mereka yang mendirikan warung musiman itu merupakan warga yang tempat tinggalnya dilintasi jalur mudik lebaran. Warung musiman didirikan di atas lahan yang terbatas, dengan memanfaatkan trotoar jalan, lapangan, halaman rumah, dan lain-lain.

Para pedagang musiman itu menjajakan minuman dan makanan ringan, dibawah tenda yang dibangun dengan sederhana. Selain itu, ada pula warga yang membuka lapak di teras hingga ruangan depan rumahnya.

Di sepanjang sisi jalan jalur Pantura mulai dari wilayah Karawang hingga Subang, terdapat ratusan warung musiman tersebut yang menjajakan aneka makanan dan minuman ringan.

Selain itu, warung-warung musiman juga terlihat di sepanjang jalan arteri Karawang menuju jalur Pantura serta terlihat di sepanjang jalur mudik khusus sepeda motor.

Warung-warung musiman juga terlihat di sepanjang ruas Sadang-Kalijati-Subang yang merupakan jalur alternatif di wilayah tengah Jawa Barat.

Tuti, seorang pedagang musiman di wilayah jalur Pantura Karawang, mengaku hampir setiap tahun membuka warung musiman setiap musim mudik lebaran.

"Lumayan untuk mengisi kesibukan dan menambah penghasilan," katanya.

Pewarta: Oleh M Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013