Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memasang 1.000 unit lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di sejumlah titik sekitar Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu. 

"Sebanyak 600 titik sudah siap terealisasi di Kabupaten Bogor, nanti dikasih tambahan bonus dari ESDM 400 lagi ya," kata Menteri ESDM Ignasius Jonan saat peresmian PJU-TS di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kabupaten Bogor.

Kementerian ESDM hingga kini telah membangun PJU-TS di 30.000 titik yang di jalan sepanjang 1.500 kilometer di 200 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Pembangunannya dilakukan selama tiga tahun terakhir.

Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Harris Yahya mengatakan pada tahun ini Kementerian ESDM menargetkan tambahan PJU-TS di 21.000 titik untuk menerangi jalan sepanjang 1.000 kilometer.

"Khusus Kabupaten Bogor, PJU-TS sudah siap terpasang 600 unit di 2019. Tinggal 400 unit lagi tambahan bonus dari untuk Kabupaten Bogor, jadi total 1.000 unit PJU-TS," katanya.

Tetapi yang 400 unit PJU-TS bonus itu harus menunggu selesai tender dan memenuhi persyaratan yang diberikan Kementerian ESDM kepada Pemerintah Kabupaten Bogor.

Pemerintah berharap PJU-TS yang sudah dipasang dapat dipelihara dan dirawat dengan baik, agar pemanfaatannya dapat maksimal dalam waktu yang lama. 

"Kami sangat mengharapkan lampu ini bermanfaat bagi masyarakat dan tentunya komitmen masyarakat yang bersedia menjaga dan memelihara infrastruktur tersebut," kata dia. 

Pewarta: Ahmadi

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019