Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor mengadakan workshop pembinaan desa mitra dengan tujuan meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi.

Direktur Polbangtan Bogor, Dr. Ir. Siswoyo, MP menjelaskan bahwa salah satu komponen yang penting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian kepada Masyarakat oleh karena itu Polbangtan Bogor fokus dalam Pengabdian kepada Masyarakat agar Polbangtan Bogor dapat berperan aktif di masyarakat.

Berdasarkan hasil verifikasi Desa Mitra Terpilih Tahun 2019 telah ditetapkan Desa Lemah Duhur Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor sebagai Desa Mitra Polbangtan Bogor Tahun 2019.

“Desa terpilih sebagai model desa mitra kami adalah Desa lemah duhur yang akan kami bina selama 3 atau 4 tahun kedepan dan nantinya akan diikuti oleh desa-desa lain. Dalam pembinaan ini kami tidak bisa sendiri dan membutuhkan bantuan dari pemerintah daerah maupun dari pengusaha-pengusaha pertanian dan dari semua pihak agar petani-petani kita bisa sejahtera,” Jelas Dr. Siswoyo.

Lebih lanjut Dr. Ir. Siswoyo, MP sekilas menjelaskan dan memperkenalkan transformasi pendidikan yang ada di Polbangtan Bogor yang sebelumnya adalah STPP Bogor.

“Lulusan Polbangtan Bogor diharapkan menjadi wirausaha muda pertanian yang madiri dan berdaya saing. Tetapi tidak menutup kemungkinan kalau ada perusahaan swasta yang merekrut mahasiswa kami dan bisa saja mahasiswa kami menjadi ASN (PNS) namun entrepreneurship sudah terbangun dan dimanapun lulusan kami berada harus mempunyai karakter dan kemampuan yang handal,” jelas Dr. Siswoyo.

Hadir dalam workshop ini antara lain Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor Ir. Hj. Siti Farikah, Kabid Hortikultura Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Ir. Ida Sri Widaningsih, MM, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor  Ir. Farida Khuriati, MM, Camat Caringin Ruandi, Bapeda Endin Syafrudin, S.Pt, Kabid Pembangunan Ekonomi dan Pendapatan Desa Kabupaten Bogor Dra. Tika Siti Jatmika, M.Si, Presiden Direktur PT. Mulia Bintang Utama Abdul Hamid, Dirut PD Pasar TOHAGA Kabupaten Bogor H. Romli Eko Wahyudi, SKH, MM, beserta Gapokan dari Desa Lemah Duhur.

Pewarta: Oleh: Humas Polbangtan Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019