Salah satu Tridharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat, oleh karena itu Polbangtan Bogor terus menerus meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat. Salah satu kegiatan Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) Polbangtan adalah evaluasi verifikasi calon desa mitra Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Kegiatan ini dilaksanakan di desa Lemah Duhur Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, yang dilaksanakan pada tanggal 5-7 Maret 2019.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kades Lemah Duhur, Ujang Najmudin,S.Pi . Dalam arahannya Kades Lemah Duhur menyampaikan sangat antusias dengan program pemberdayaan petani oleh Kementerian Pertanian melalui kegiatan UPPM Polbangtan Bogor di tahun 2019 untuk saling bersinergi dalam meningkatkan kesejahteraan petani Lemah Duhur yang melibatkan sebanyak 7 poktan di Desa Lemah Duhur yang divalidasi oleh petugas PPL kecamatan Caringin sebagai calon poktan yang akan diberdayakan oleh Polbangtan Bogor.

“Saya berharap 7 calon poktan yang diajukan ini setelah hasil evaluasi penetapan desa mitra dilakukan diharapkan 6 poktan terpilih merupakan poktan yang akan berkelanjutan dan mendapat pemberdayaan lebih lanjut oleh Polbangtan Bogor melalui kegiatan PKM 2019,” Ungkap Kades.

Lebih lanjut Kades menambahkan kegiatan ini untuk pengembangan potensi Desa Lemah Huhur  dari sektor pertanian, dan menjadi contoh profil poktan terbaik bagi poktan lain di desa Lemah Huhur hingga menjadi poktan terbaik di lingkup Kabupaten Bogor.

Kepala UPPM  Polbangtan Bogor Dr. Dayat, SP.,M.Si  mewakili Direktur Polbangtan Bogor menyampaikan bahwa kegiatan PKM tahun 2019 dari hasil evaluasi verifikasi dari 7 kecamatan yang diverifikasi di Kabupaten Bogor, maka kecamatan Caringin yaitu Desa Lemah Duhur terpilih sebagai calon desa mitra kegiatan PKM tahun 2019 untuk selanjutnya ditetapkan sebagai desa mitra  terpilih  dan selanjutnya akan dillakukan kegiatan pembinaan desa mitra di Desa lemah Duhur oleh Dosen- Dosen Polbangtan Bogor.  

“Diharapkan  melalui kegiatan pembinaan  PKM,  UPPM Polbangtan Bogor selain dapat melaksanakan salah satu kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi,  Polbangtan Bogor juga berkontribusi dalam pembangunan desa terkait sektor pertanian terutama unuk meningkatkan kesejahteraan petani Lemah Duhur di Kabupaten Bogor,” Ujar Dr. Dayat.

“Tujuan  akhir kegiatan yang diharapkan adalah  mendapatkan Brand pertanian dari  Desa Lemah Duhur,” Lanjutnya.

Nantinya kegiatan pembinaan didukung dengan metode-metode pembelajaran dinamika kelompok untuk menggali permasalahan dari setiap poktan dan diberikan tindakan sebagai solusi penyelesaian permasalahan petani di lapangan.

Pewarta: Oleh: Humas Polbangtan Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019