Bogor (Antaranews Megapolitan) - Alumni Institut Pertanian Bogor yang tergabung dalam Himpunan Alumni IPB kembali menggelar rapat kerja nasional Kedua (Rakernas II) pada Jumat-Sabtu (22-23/2/2019) di Gedung Alumni IPB, Bogor.

Rakernas ini merupakan yang kedua kalinya dalam kepengurusan DPP HA IPB Periode 2017 – 2021. Rakernas II ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan di tahun 2018 dan menetapkan program kerja yang akan dijalankan oleh pengurus di tahun 2019 ini.

Program kerja yang dihasilkan tidak hanya akan dilaksanakan di level pengurus pusat, tetapi juga akan di sinkronisasikan dengan pengurus daerah agar program kerja yang terlaksana dapat memberikan manfaat dan efeknya kepada seluruh Stakeholder Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor.

Kegiatan Rakernas II ini sendiri dikuti Peserta sekitar 200 orang yang terdiridari Dewan Pengurus Pusat HA IPB, Dewan Pembina HA IPB, Dewan Pertimbangan HA IPB, Dewan Pakar HA IPB, Dewan Pengurus Daerah HA IPB, Wakil dari Dewan Pengurus Cabang HA IPB, Pimpinan Institut Pertanian Bogor.

Berlangsung selama dua hari, Rakernas II ini diawali dengan gala diner pada Jumat (22/2/2019) dilakukan lauching turnamen golf piala rektor yang juga jadi ajang pengumpulan dana beasiswa bagi 1000 mahasiswa, serta penandatangan MOA IPB Preneur Land antara DPP HA IPB, DPK dan IPB.

Selanjutnya acara Rakernas II pada hari kedua Sabtu (23/2/2019) dilanjuti dengan aksi donor darah oleh para alumni serta lauching Badan Otonom HA IPB Rescue, Badan Otonomi ABC Consulting, Titian Muhibah DPC Malaysia, Jambore Nasional, Majalah Tanah Air dan Taman IPB.

Dengan mengambil tema“ Penguatan Sinergi Bersama Dewan Pengurus Daerah, Dewan Pengurus Komisariat dan Dewan Pengurus Cabang “, diharapkan dari  RAKERNAS II ini juga akan dihasilkan program kerja yang akan membantu dalam mensukseskan program kerja pemerintah di bidang pertanian dan masyarakat luas pada umumnya

Apalagi saat ini jumlah alumni IPB kurang lebih 140 ribu yang tersebar di seluruh pelosok nusantara dan berkiprah di berbagai bidang, baik di sektor pertanian maupun di bidang lainnya, di lembaga pemerintahan, maupun sektor usaha swasta dan BUMN, di Parlemen, di Media dan di bidang lainnya.

Program Kerja Besar HA IPB secara garis besar terdapat 6 (enam) kerangka progam kerja unggulan DPP Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor periode 2017 – 2021 dengan rincian sebagai berikut HA - BASE,HA - JOB,HA - NEUR,HA – NET,HA – CARE,HA – Biz.

Selama tahun 2018 lalu, DPP HA IPB berhasil merealisasikan 25 program kerja. Dan pada tahun 2019 ini DPP HA IPB akan melanjutkan implementasi 19 Program Kerja unggulan yang sudah dimulai sejak 2018 dan akan dirampungkan sampai 2021. Ke 19 program ini akan disinergikan dengan DPD, DPC dan DPK diantaranya yaitu :

1. Pembentukan Majalah Tanah Air (HA BASE) Majalah yang berisi update informasi terkini tentang kealumnian, almamater dan pertanian secara luar

2. HA IPB Connect (HA BASE ) Sistem Informasi yang berbasis aplikasi mobile dan web yang berisi informasi tentang Almamater IPB, penawaran kerjasama IPB dengan Alumni, jaringan kerja sama dan bisnis alumni, database alumni dan informasi penting lainnya

3. Alumni Start Up Inkubator HA IPB/ ASIK (HA NEUR ) Program pendampingan dan mentoring wirausaha pemula.

4. IPB Prenuer Land (HA NEUR) Program belajar berwirausaha selama 12 bulan bagi mahasiswa tingkat akhir di lahan terpadu Sindangbarang kerja sama dengan para DPK

5. Magang Perusahaan Internasional / MAGENTA (HA JOB)
6. Job Daily HA IPB portal eksklusif di haipb.ac.id
7. FSA dan Mentoring Leader (HA NET )
8. JAMBORE HA IPB (HA NET) Konsolidasi Alumni, pameran, camping
9. Studi Banding Pengembangan Organisasi HA IPB / SPORA (HA NET)
10. Forum Bisnis Antar Alumni / FORBIZ ( HA BIZ)
11. Alumni Business Consulting / ABC (HA BIZ) Business Coaching dan Mentoring
12. Pengolahan Sampah Terpadu / PESAT (HA CARE)
13. Beasiswa Seribu Mahasiswa / BISMA (HA CARE) Kerja sama dengan badan otonom HA IPB yaitu YAPI
14. Semangat Bantu Keluarga Besar Alumni HA IPB / SAKU (HA CARE)
15. Santunan Anak Yatim dan Mudik Bareng / SANUBARI (HA CARE)
16. Serbu Hasil Tani HA IPB / SEHATI (HA CARE)
17. Wiratani Bangun Desa / WIBASA (HA CARE)
18. Gerakan Konservasi Pohon Langka (HA CARE)
19. Donor Darah Nasional (HA CARE)

Ketua DPP HA IPB Fathan Kamil.

Pewarta: Oleh: Himpunan Alumni IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019