Bekasi (Antara) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memprediksi kehadiran monorel dengan rute sampai di wilayah setempat akan mengubah jalur lalu lintas di pusat kota itu secara signifikan.

"Kita akan siapkan rekayasa lalu lintas darat di sekitar lintasan monorel untuk menunjang pergerakan penumpang," kata Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Bekasi Supandi Budiman di Bekasi, Selasa.

Ia mengatakan monorel rute Bekasi-Cawang yang sedang digarap oleh PT Adhi Karya dikabarkan akan membentang di atas lintasan Tol Jakarta-Cikampek dan berakhir di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

"Namun untuk kepastian jalurnya, kami masih menunggu koordinasi dengan pihak terkait," katanya.

Bila ternyata lintasan monorel itu benar berakhir di kawasan Ahmad Yani, pihaknya akan menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi tersebut.

"Harus ada angkutan umum dari sejumlah kawasan di Bekasi yang mengantar penumpang ke lokasi halte monorel. Ruas Jalan Ahmad Yani juga akan kita rekayasa lalu lintasnya agar kehadiran monorel bisa mempercantik pusat kota," katanya.

Dia mengatakan salah satu lokasi yang dinilai ideal untuk dibangun halte di kawasan setempat yakni di sekitar Mega Bekasi Hypermal (MBH) yang berlokasi di pusat kota.

"Kalau memang haltenya ada di MBH maka kita akan upayakan ada angkutan umum yang masuk ke sekitar area halte untuk mengantarkan calon penumpang monorel," katanya.

Pewarta: Oleh Andi Firdaus

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013