Bogor (Antaranews Megapolitan) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor, Jawa Barat memberikan layanan terbaik sehingga para pelanggan mengaku puas dengan pelayanan perusahaan air daerah tersebut selama 2018. 

Ketua Tim Peneliti Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3), Institut Pertanian Bogor (IPB) Dyah Ita Mardiyaningsih di Bogor, Senin menjelaskan, kepuasan pelanggan PDAM Tirta Pakuan dari hasil survei yang dilakukan tim PSP3 IPB di 2018. 

Selama ini IPB dan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sudah menjalin kerjasama sejak 2009. 

"Evaluasi dan masukan dari pelanggan diharapkan dapat memberikan gambaran akan kebutuhan masyarakat Kota Bogor terhadap pelayanan PDAM Tirta Pakuan," kata Dyah.

Tujuan melaksanakan kegiatan survei tersebut  secara umum dimaksudkan untuk mendapatkan dasar pertimbangan dan acuan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Secara khusus, kegiatan ini ditujukan untuk mengetahui penilaian pelanggan terhadap kinerja pelayanan Produk dan Jasas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Pada tahun 2018, total pelanggan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mencapai 157.270 pelanggan dengan 94,6 persen pelanggan dari golongan rumahtangga . 

"Sementara itu, 5,4 persen pelanggan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor terdiri dari golongan industri, instansi pemerintah, niaga dan sosial. Data diperoleh menggunakan teknik Chuster Stratified and Systematical Unproporsional Sampling dan Rumus Slovin," kata dia. 

Ia mengatakan jumlah sampel yang diambil sebanyak 2.250 pelanggan yang tersebar berdasarkan Zona Pelayanan dan Golongan Tarif Pada tahun 2018. 

Terdapat survei kepuasan pelanggan PDAM Tirta Pakuan Tahun 2018 melingkupi tujuh unsur penilaian kinerja pelayanan produk dan sebelas unsur penilaian kinerja pelayanan jasa. 

"Kami mengunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengukur indeks kepuasan pelanggan dan hubungan antara persepsi pelanggan dan prioritas peningkatan kualitas produk atau jasa yang dikenal sebagai quadrant analysis," jelasnya. 

Lalu ia menambahkan berdasarkan metode Kepuasan Pelanggan (IKP) PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor untuk pelayanan produk sebesar 76 persen atau pelanggan puas atau kinerja PDAM Tirta Pakuan very good. 

"IKP kategori puas kinerja pelayanan jasa PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor pada tahun 2018 masuk atau very good  dengan nilai 70," kata dia.

"Meskipun pelanggan sudah puas, peningkatan kinerja pelayanan produk dan jasa PDAM Tirta kuan Kota Bogor perlu dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan," jelasnya. 

Ia menambahkan unsur pelayanan kinerja jasa PDAM Tirta Pakuan yang harus menjadi prioritas peningkatan pada musim penghujan dan kemarau, kualitas kejernihan air, dan kontinuitas kinerja adalah memberikan informasi lebih awal ketika terjadi meningkatkan sosialisasi program ke pelanggan.

Lalu meningkatkan pemberian kompensasi peningkatan kinerja pelayanan menjadi penting bagi PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor untuk meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga menjadi semakin loyal terhadap perusahaan.

Pewarta: Muhammad Irwan Supriyadi

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019