Sukabumi (ANTARA News Megapolitan) - Memasuki pekan kedua Februari 2019 harga komoditas cabai dan bawang yang di jual di pasar tradisional Kota Sukabumi, Jawa Barat kembali mengalami penurunan karena adanya peningkatan pasokan.

"Penurunan ini harga ini dikarenakan sejak akhir Januari pasokan kedua komoditas tersebut ke terus meningkat sebab beberapa daerah penghasil tengah panen," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi Ayep Supriatna di Sukabumi, Kamis.

Adapun dari hasil monotoring harga yang dilakukan dinas tersebut untuk cabai merah keriting turun Rp2 ribu/kg yang awalnya Rp20 ribu menjadi Rp18 ribu setiap kilogramnya, kemudian cabai rawit merah turun dari Rp28 ribu menjadi Rp25 ribu/kg.

Selanjutnya, bawang merah harganya turun dari Rp22 ribu menjadi Rp20 ribu atau turun Rp2 ribu setiap kilogramnya. Penurunan harga ini merupakan hal yang wajar dan sudah menjadi hukum pasar di mana permintaan tetap tetapi pasokan meningkat maka harga turun.

Meskipun harga komoditas tersebut mengalami penurunan, belum ada peningkatan pembelian sebab cabai dan bawang bukan merupakan komoditas pangan utama bagi masyarakat.

Menurutnya, fluktuasi harga memang kerap terjadi di pasar tradisional karena dipengaruhi oleh permintaan, persediaan dan pasokan.

Bahkan pada Idul Fitri lalu meskipun adanya peningkatan permintaan namun harga masih bisa dikatakan stabil meskipun ada kenaikan tetapi masih dalam batas ambang wajar.

"Untuk harga komoditas lainnya seperti pangan sampai saat ini masih stabil dan persediaan mencukupi serta pasokan pun lancar. Namun secara rutin kami tetap memonitoring setiap pegerakan harga," tambahnya.

Adapun harga kebutuhan pokok masyarakat lainnya seperti beras premium 12 ribu/kg dan medium Rp9.200/kg, kemudian gula pasir Rp11.500, minyak goreng dalam kemasan Rp13 ribu 750/liter, minyak goreng curah Rp11 ribu/liter.

Selanjutnya daging sapi Rp110 ribu/kg, daging ayam broiler Rp34 ribu/kg, telur ayam broiler Rp24 ribu/kg, tepung terigu Rp7 ribu. cabai merah Rp24 ribu, cabai rawit hijau Rp16 ribu/kg, bawang putih Rp20 ribu/kg dan kentang Rp12 ribu/kg.

Editor berita: Feru Lantara

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019