Jakarta (Antaranews Megapolitan) - Sebanyak 10.000 anggota Palang Merah Remaja (PMR) berhasil memecahkan Rekor MURI berupa peragaan Pertolongan Pertama (PP) terbanyak di bumi BUPERTA Cibubur, Jakarta Timur, Minggu, (20/1/2019).

Kegiatan tersebut digelar oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Administrasi Jakarta Timur, dengan melaksanakan serangkaian kegiatan akbar, di antaranya Lomba Traveling Kepalangmerahan,
Pelantikan Anggota PMR terbanyak, serta memecahkan rekor MURI peragaan teknik pertolongan pertama (PP) yang dilakukan oleh 10.000 ribu lebih anggota PMR.

"Total peserta yang mengikuti kegiatan ini melebihi target 10.000 anggota, yang terdiri atas PMR Mula, PMR Madya, dan PMR Wira," kata Ketua PMI Kota Administrasi Jakarta Timur, Krisdianto dalam laporannya.

Menurut dia lagi, animo peserta tiap sekolah dalam mengikuti kegiatan gebyar ini sangat antusias, bahkan melebihi prediksi awal peserta.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 19 sampai dengan 20 Januari 2019.

Peserta mengikuti pendidikan dan latihan

Krisdianto mengatakan lebih lanjut, sebelumya para peserta mengikuti serangkaian acara, di antaranya mereka telah mendapatkan Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) sejak bulan September 2018.

Diklat itu dimulai dari Diklat tingkat Madya pada tanggal 1–2 September 2018, lalu tingkat Wira pada tanggal 8–9 September 2018, dan tingkat Mula pada tanggal 23–24 November 2018.

Setelah itu para anggota PMR mengikuti Latihan Gabungan (Latgab) dan Simulasi tepat di pagi hari sebelum Pelantikan PMR dimulai.

"Materi yang diberikan sesuai dengan Kurikulum Pendidikan dan Latihan Kepalangmerahan bagi PMR yang dikeluarkan oleh Kantor Pusat PMI," terang Krisdianto pula.

Banyak prestasi Anggota PMR

Sementara itu, Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar menjelaskan, saat ini telah melihat banyak prestasi yang diraih oleh anggota PMR dalam setiap bidang.

Hal ini tidak hanya membanggakan PMI, namun juga membanggakan bagi Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Timur, terutama dalam hal kepedulian saat terjadi bencana dan kegiatan kemanusiaan lainnya.

"Hal ini membuktikan betapa mulia jiwa anggota PMR sebagai relawan muda yang mandiri, peduli, cerdas, dan bertanggungjawab," kata M. Anwar pula.

Dia menambahkan, acara pelantikan ini menjadi salah satu indikator akan keberhasilan dari pengaderan yang sudah dilakukan oleh PMI Kota Jakarta Timur beserta seluruh jajarannya.

Acara itu, selain dihadiri oleh ribuan anggota PMR, turut hadir pula para anggota Pengurus PMI Pusat, ketua bidang Relawan dan PMR, perwakilan dari MURI, dan tamu undangan lainnya. (*/ADV/PMI/ANT-BPJ).

Pewarta: Oleh: Humas PMI

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019