Bogor (ANTARA News Megapolitan) - Sebanyak 1.449 personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan Natal 2018 dan Tahun 2019 di Kota Bogor, Jawa Barat, agar daerah ini tetap aman terkendali dan kondusif.

Kabag Ops Polresta Bogor Kota Kompol Fajar Hadi Kuncoro di Bogor, Sabtu, menyebutkan personel gabungan terdiri atas TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan instansi lainnya.

"Dari Polresta Bogor sebanyak 725 orang, sisanya TNI, BKO dari Brimob Polda Jabar sebanyak satu peleton, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan instansi terkait lainnya," kata Fajar.

Ia mengatakan bahwa pengamanan Natal dan tahun baru Operasi Lilin Lodaya 2018 ini juga menyiagakan tim penjinak bom atau jibon yang nanti akan melakukan sterilisasi di gereja-gereja sebelum Natal.

Operasi Lilin Lodaya ini fokus pada pengamanan objek vital, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, tempat wisata, memastikan kelancara arus lalu lintas, dan patroli wilayah.

"Aparat keamanan berupaya mewujudkan suasana yang kondusif pada malam Natal dan perayaan pergantian tahun," kata Fajar.

Sebanyak 48 gereja, kata dia, akan dijaga oleh personel pengamanan, dan terdapat delapan pos pengamanan tersebar di sejumlah kecamatan, lalu satu unit pos pelayanan, dan pengamanan.

Sementara itu, Satpol PP Kota Bogor menyiagakan ratusan personelnya yang disebar di sejumlah titik yang menjadi pusat keraiaman, mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas, dan tempat peribadahan.

Tempat-tempat keramaian, seperti taman, pusat perbelanjaan, dan lokasi berkumpulnya warga, terutama pada malam pergantian tahun.

Begitu juga dengan Dinas Perhubungan Kota Bogor menyiagakan 200 personel yang disebar di sejumlah Pos Pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2018/2019.

"Sudah dirapatkan secara gabungan antara Polresta Bogor Kota dan Dinas Perhubungan, 200 petugas disebar ke beberapa lokasi gereja dan pos pengamanan," kata Kepala Dishub Kota Bogor Rakhmawati.

Guna memastikan arus mudik liburan Natal dan tahun baru berjalan aman dan lancar, kata dia, Dishub dan Polresta telah melaksanakan pengecekan kelayakan bus di Terminal Baranangsiang.

Sementara itu, situasi di Kota Bogor pada masa libur akhir pekan menjelang perayaan Natal terpantau ramai, khususnya arus lalu lintas kendaraan yang masuk dari gerbang Tol Jagorawi.

Petugas melakukan rekayasa lalu lintas di pintu masuk Terminal Baranangsiang samping Masjid Raya untuk mencegah penumpukan kendaraan di Jalan Oto Iskandar Dinata.

Editor berita: D. Kliwantoro

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018