Sukabumi (ANTARA News Megapolitan) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi melakukan tes narkoba kepada puluhan pengemudi angkutan umum dengan memeriksa urine di halaman Terminal Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Ada 26 pengemudi angkutan umum yang kami periksa urinenya dan hasilnya seluruhnya negatif atau tidak menggunakan narkoba," kata Kasubag Umum BNNK Sukabumi Heru Aprianto di Sukabumi, Jumat.

Menurut dia, pemeriksaan atau tes narkoba ini dilakukan untuk antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas, karena bisa saja ada oknum sopir angkutan umum yang mengemudikan kendaraannya saat terpengaruh narkoba.

Selain itu, emeriksaan ini juga untuk memberantas penyalahgunaan maupun peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Sukabumi dan kegiatan seperti ini akan terus dilakukan hingga H-1 Tahun Baru 2019.

Untuk lokasi pemeriksaannya kemungkinan akan berpindah-pindah di tempat ramai angkutan umum maupun penumpang, agar selama perayaan Natal dan tahun baru tidak ada kejadian kecelakaan lalu lintas yang disebabkan pengemudinya menggunakan narkoba.

Sementara itu, salah seorang sopir angkutan umum jurusan Nagrak-Cibadak Dimas mengatakan, pemeriksaan seperti ini memang perlu dilakukan karena pengemudi juga sebagai pelayanan kepada penumpang untuk memberikan rasa aman.

"Melalui pemeriksaan tersebut agar seluruh sopir sadar akan bahayanya mengemudikan angkutan umum di saat menggunakan narkoba karena selain tidak bisa fokus juga rawan terjadi kecelakaan," katanya.

Editor berita: E. Supriyadi

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018