Cikarang, Jabar (ANTARA News Megapolitan) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat akan melakukan koordinasi dengan Polres Metro Bekasi terkait siaga 13 pos pelayanan kesehatan di jalan arteri, dan tiga titik tempat istirahat sementara (rest area) sekitar jalan tol selama hari pertama menjelang Natal hingga H+10.

"Keberadaan posko itu rencananya akan dioperasikan atau buka selama 24 jam, dengan mengerahkan seluruh ambulans yang dimilikinya," kata Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan di Dinkes Kabupaten Bekasi, Wawan Hernawan di Cikarang, Senin.

Menurut dia 13 pos pelayanan kesehatan tersebut di antaranya Pasar Tambun, Bussiness Park Tambun Selatan, pertigaan lampu merah Perdana Cibitung, pos pengamanan Kalijaya Cikarang Barat, Terminal Cikarang.

Dan sekitar Sentra Grosir Cikarang (SGC), Pasar Lemahabang, sebelah PT. Indo Beras Unggul (IBU), maupun pos Kedungwaringin.

Sedangkan pos pelayanan kesehatan lainnya di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di antaranya di rest area KM 19, tempat istirahat (rest area) KM 32, dan KM 39.

Dalam kegiatan ini tentunya melibatkan ratusan tenaga medis gabungan dari pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) tingkat kecamatan. Tetapi itu juga mengambil tenaga ahli kesehatan dari Rumah sakit Umum Daerah.

"Ini kami juga akan melakukan koordinasi dengan Polres Metro Bekasi terkait pemasangan pos pelayanan kesehatan (Posko). Itu bila tempat atau titik tidak sesuai maka harus digeser sesuai arahan," katanya.

Ia menambahkan dalam upaya ini pihaknya juga menyiagakan beberapa alat kesehatan tingkat sedang. Dan obat-obatan ringan, maupun untuk korban kecelakaan.

Hal ini sudah ada gerak antisipasi agar pada libur Natal dan Tahun Baru 2019 lebih semarak. Pasalnya antara kedua libur tersebut terdapat libur anak sekolah.

Biasanya terjadi lonjakan arus pada beberapa ruas jalan seperti tol maupun jalan arteri akan dipadati kendaraan baik roda dua ataupun empat.

"Kita berkaca pada setiap tahun, yakni keberadaan posko kesehatan cukup memberikan arti penting dan sebagai penolong utama," katanya.

Wawan menjelaskan dalam kegiatan ini sudah sepantasnya Dinkes Kabupaten Bekasi ikut betpartisipasi guna memberikan pelayanan kepada masyarakat yang hendak berlibur atau berkunjung kesanak saudaranya.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018